Cocok untuk Ibu Hamil, Berikut Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Wanita

Cocok untuk Ibu Hamil, Berikut Manfaat  Vitamin B Kompleks untuk Wanita

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Wanita--freepik.com/senivpetro

Dengan beragamnya koleksi vitamin B dalam sebuah suplemen, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang baik untuk tubuh, terutama wanita.

Nah, berikut ini adalah manfaat vitamin B kompleks untuk wanita yang bisa  didapatkan jika mengonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

1. Mengontrol gejala menstruasi

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen B kompleks dan kalsium dapat membantu mengendalikan gejala PMS baik secara fisik maupun psikologis. Jadi, perubahan suasana hati dapat dikelola dengan lebih baik sebelum menstruasi.

2. Mengurangi risiko cacat lahir

Selama kehamilan, kamu harus mengonsumsi setidaknya 400 mg asam folat setiap hari. Sebab, kandungan asam folat yang tepat dapat mengurangi risiko cacat otak dan sumsum tulang belakang janin saat lahir.

Selain itu, vitamin B12 juga penting untuk dikonsumsi, lho. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 dapat meningkatkan risiko keguguran dini, berat badan lahir rendah, tekanan darah tinggi pada orang hamil, dan kelainan pada janin.

3. Mengurangi stres

Asupan vitamin B12 dan B6 yang lebih tinggi dapat mengurangi gejala depresi dari waktu ke waktu. Selain itu, kinerja kognitif tubuh juga dapat meningkat dan dapat menjadi lebih rileks.

Memang ada banyak manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh kita, terutama wanita. Meskipun demikian, kamu tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak.

Jika mengonsumsi terlalu banyak vitamin B kompleks, beberapa gejala yang mungkin kamu alami adalah penglihatan kabur, mual, muntah, gula darah tinggi, gangguan hati, dan masalah kulit.

Namun, kamiu tidak perlu khawatir jika terjadi perubahan warna urin menjadi kuning setelah mengonsumsi vitamin ini karena efek tersebut masih dalam batas normal dan tidak berbahaya, jika mengalami efek samping yang tidak nyaman, maka dapat segera dikonsultasikan dengan dokter.

BACA JUGA:Ini 4 Serum Vitamin C untuk Wajah Supaya Awet Muda! Kulit Jadi Kencang dan Bebas Flek Hitam, Ada di Indomaret

Untuk seseorang yang sudah lanjut usia dan sedang dalam proses hamil mungkin membutuhkan jumlah vitamin B yang lebih tinggi dari dosis di atas. Itulah berbagai detail mengenai manfaat vitamin B kompleks untuk wanita yang perlu kamu ketahui secara lengkap.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sebelum mengonsumsinya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: