Bagus untuk Lansia 60 ke Atas, Inilah Makanan yang Baik untuk Tulang yang Harus Kamu Ketahui

Bagus untuk Lansia 60 ke Atas, Inilah Makanan yang Baik untuk Tulang yang Harus Kamu Ketahui

Apa saja makanan yang baik untuk tulang--freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN. ID - Apa saja makanan yang baik untuk tulang?

Seperti yang kamu ketahui, osteoporosis merupakan kondisi yang sangat serius dialami oleh manusia, terutama pada wanita lanjut usia.

Agar terhindar dari osteoporosis, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan tulang sedini mungkin.

Salah satu cara untuk mencegah osteoporosis adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan menjaga kekuatan massa tulang.

Asupan nutrisi ini tentu saja didapatkan dari berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung vitamin yang penting untuk tulang.

BACA JUGA:8 Vitamin untuk Tulang dan Sendi, Bagus untuk Lansia 60 ke Atas

Lantas apa sajakah jenis makanan pencegah osteoporosis yang menyimpan banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tulang? Berikut ulasannya.

1. Susu dan Produk Olahannya

Jenis makanan untuk mencegah osteoporosis yang pertama adalah dengan mengkonsumsi susu dan produk olahannya. Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang berguna untuk memperkuat tulang.

Sehingga dengan rutin meminum susu, tentunya dapat menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat hingga usia lanjut.

Tidak hanya kalsium, terdapat juga beberapa produk susu yang mengandung Vitamin D yang bagus untuk tulang. Sebab, vitamin D ini dipercaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang. Sehingga risiko pengeroposan tulang akibat osteoporosis dapat berkurang.

Jenis susu dan produk olahannya dapat berupa susu sapi asli, keju, atau yogurt dan lain-lain.

Bagi para vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi dan produk olahan lain dari susu sapi, tidak perlu khawatir.

Karena selain susu sapi, masih ada susu almond dan susu kedelai yang tidak kalah hebatnya dengan susu sapi dan tentunya juga dapat melindungi tulang dari osteoporosis.

2. Ikan

Jenis makanan untuk melindungi tulang dari osteoporosis selanjutnya adalah ikan. Jenis ikan untuk mencegah osteoporosis sendiri adalah ikan salmon dan ikan sarden.

Karena kedua jenis ikan ini mengandung Vitamin D dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Sehingga ketika kamu mengonsumsi kedua jenis ikan tersebut, secara tidak langsung dapat memperkuat tulang dan menjaga kepadatan tulang.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin. Salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam sayuran hijau berguna dalam memproduksi sel-sel pembentuk tulang. Selain vitamin C, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks.

Seperti yang diketahui, vitamin B kompleks ini berperan penting dalam proses pembekuan darah. Namun, vitamin K dalam vitamin B kompleks tidak hanya berguna untuk hal tersebut.

4. Tahu

Selain susu, ikan, sayuran hijau, kamu juga bisa mengonsumsi tahu agar terhindar dari osteoporosis. Karena tahu ini mengandung zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, D, dan B6.

Kandungan diatas berperan penting menjaga kesehatan tulang dan kekuatan tulang saat tua sehingga bisa terhindar dari osteoporosis.

5. Kacang Kedelai

Makanan yang bisa mengurangi risiko osteoporosis selanjutnya adalah kacang kedelai. Banyak nutrisi dan vitamin dari kacang kedelai yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Beberapa vitamin yang terkandung dalam kacang kedelai antara lain vitamin B, vitamin D, dan vitamin D. Selain vitamin, susu kedelai juga mengandung isoflavon, dan fitoestrogen yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan sendi.

6. Roti

Makanan untuk mencegah osteoporosis yang lain adalah roti. Roti mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

Namun selain mengandung karbohidrat, roti juga mengandung vitamin B1, B2. zat besi, dan kalium yang juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Jadi, selain dapat mencegah osteoporosis, roti juga dapat menjadi salah satu cara untuk program diet.

BACA JUGA:Cegah Resiko Komplikasi Patah Tulang pada Penderita Diabetes, Harus Rajin Cek Gula Darah Rutin

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk tulang dan dapat mencegah osteoporosis. Namun, selain menjaga pola makan, kamu juga perlu melakukan aktivitas fisik untuk mencegah risiko osteoporosis.

Selain mengonsumsi asupan nutrisi pada makanan, bagi kamu penderita osteoporosis, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D, serta pengobatan obat osteoporosis untuk memenuhi asupan nutrisi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: