5 Waktu Terbaik untuk Bersedekah dalam Islam, Perbanyaklah Sedekah di Waktu-waktu ini

5 Waktu Terbaik untuk Bersedekah dalam Islam, Perbanyaklah Sedekah di Waktu-waktu ini

Ilustrasi sedekah.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Bersedekah dianjurkan dilakukan setiap saat. Namun sedekah pun butuh strategi agar keutamannya tergapai dengan maksimal. Dalam agama Islam, ada waktu terbaik untuk bersedekah yang disebutkan dalam Alquran maupun hadist.

Jika mendapati waktu terbaik untuk bersedekah, kiatnya perbanyaklah sedekah di waktu itu. Sebab kita akan meraih keutamaan bersedekah yang lebih dibandingkan di waktu-waktu lainnya.

Meski ada waktu terbaik untuk bersedekah, bukan berarti mengkhususkan hanya bersedekah di waktu ini saja. Tetap bersedekahlah setiap saat, setiap waktu. Sebab, keutamaan sedekah sangat luar biasa.

Sedekah bisa sebagai pembuka pintu rezeki. Dengan bersedekah, Allah Ta'ala akan menggantinya di dunia ini dan di akhirat mendapatkan pahala yang luar biasa. Dan masih banyak keutamaan sedekah lainnya. 

Baca juga:Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Pahala Dilipatgandakan

Baca lagi:Ternyata, Ini 3 Sedekah yang paling Besar Pahalanya Menurut Hadits, Amalkan Sekarang Juga Agar Rezeki Lancar

Berikut ini lima waktu terbaik untuk bersedekah dalam Islam seperti dilansir dari Rumaysho:

1. Saat krisis, bencana dan terlilit kebutuhan hidup

Waktu terbaik bersedekah justru di saat mengalami kesusahan atau kesulitan dan himpitan hidup. Ini disebutkan dalam firman Allah Ta’ala dalam surat Al Balad ayat 1-4.

Artinya, "Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? Yaitu melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan." 

2. Saat peristiwa menakutkan seperti terjadi gerhana matahari atau perang

Ini sesuai dengan hadist dari Aisyah radhiyallahu anha. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat gerhana tersebut, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah." (HR Bukhari)

3. Sepuluh hari pertama Dzulhijah

Dalilnya ialah hadist dari Ibnu Abbas. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidak ada satu amal soleh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal soleh yang dilakukan pada hari-hari ini, yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijah." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: