Inilah 15 Makanan Penghancur Batu Ginjal Paling Ampuh dan Efektif, Dapat Dicoba Sehari-hari

Inilah 15 Makanan Penghancur Batu Ginjal Paling Ampuh dan Efektif, Dapat Dicoba Sehari-hari

Makanan Penghancur Batu Ginjal Secara Alami--freepik.com/lifestylememory

Melansir dari Healthline, seledri terbukti berhasil membantu memecah batu ginjal dalam uji coba pada hewan.

12. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis protein nabati yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein. Selain itu, kacang merah juga kaya akan kalsium sehingga dapat membantu mengurangi jumlah zat pembentuk batu ginjal.

Untuk memanfaatkan makanan penghancur batu ginjal ini, kamu bisa merebus kacang merah dan membuatnya menjadi kaldu. Kaldu kacang merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, melancarkan sistem saluran kemih, dan menghancurkan batu ginjal.

BACA JUGA:Simak 4 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan, Atasi Penyakit Batu Ginjal Hingga Menurunkan Kolesterol

13. Buah Delima

Buah delima mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, berdasarkan penelitian tahun 2021, zat kimia pada buah delima dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran kemih sehingga memudahkan batu ginjal untuk keluar.

Namun, bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat lain, seperti penurun tekanan darah atau obat liver, konsumsi buah delima perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

14. Semangka

Semangka dapat menjadi asupan cairan tambahan untuk membantu melawan gangguan ginjal.

Melansir dari Mayo Clinic, penderita batu ginjal perlu mengonsumsi buah atau sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti mentimun, tomat, dan semangka.

Adanya cairan yang cukup dalam tubuh akan membantu mengencerkan urin, mengeluarkan batu ginjal dari tubuh, dan mencegah terbentuknya batu ginjal yang berulang.

15. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang bermanfaat mengeluarkan batu ginjal. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal.

Untuk memanfaatkan makanan penghancur batu ginjal ini, kamu cukup membuat campuran dua sendok makan cuka sari apel ke dalam 230 mililiter air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: