Inilah 15 Makanan Penghancur Batu Ginjal Paling Ampuh dan Efektif, Dapat Dicoba Sehari-hari

Inilah 15 Makanan Penghancur Batu Ginjal Paling Ampuh dan Efektif, Dapat Dicoba Sehari-hari

Makanan Penghancur Batu Ginjal Secara Alami--freepik.com/lifestylememory

Buah-buahan sitrus, seperti lemon dan jeruk, bisa menjadi pilihan sebagai makanan penghancur batu ginjal. Kandungan sitrat dalam buah jeruk dapat memecah zat-zat pembentuk batu ginjal, seperti sulfat, fosfat, dan natrium.

Melansir dari Harvard Medical School, konsumsi setengah gelas jus lemon yang dicampur dengan air putih setiap hari dapat meningkatkan kadar sitrat dalam urin untuk melawan batu ginjal.

BACA JUGA:Simak 4 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan, Atasi Penyakit Batu Ginjal Hingga Menurunkan Kolesterol

3. Susu

Susu dapat menjadi pilihan makanan penghancur batu ginjal karena kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi di dalamnya.

Jika tidak bisa mengonsumsi susu sapi, kamu bisa menggantinya dengan susu kambing, susu kedelai, atau susu bebas laktosa lainnya.

4. Daun Alpukat

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, daunnya pun dapat digunakan untuk membantu mengobati batu ginjal.

Daun alpukat mengandung zat-zat yang berperan penting dalam melarutkan kalsium pada batu ginjal, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan magnesium.

Kandungan dalam daun ini dapat membantu memperlancar buang air kecil dan memecahkan batu ginjal.

Untuk memanfaatkan daun alpukat, kamu dapat mengolahnya dengan mencuci empat hingga lima lembar daun dan merebusnya dalam dua gelas air selama 10 menit.

Saring air rebusan daun alpukat dan minum setelah dingin. Untuk menambahkan rasa manis, kamu bisa beri madu atau gula.

BACA JUGA:Buah Alpukat Pendamping Diet yang Ideal, Ini 3 Manfaat Alpukat untuk Diet

5. Ikan Salmon

Ikan salmon dapat menjadi pilihan untuk menambah protein yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, salmon juga kaya akan vitamin D sehingga dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: