KBM untuk Paud Tunggu Zona Hijau

KBM untuk Paud Tunggu Zona Hijau

KOTA - Simpang siurnya pembukaan sektor pendidikan dalam kondisi new normal untuk semua jenjang menuai banyak polemik. Tidak terkecuali jenjang PAUD yang ditempatkan pada fase terakhir dalam pembukaan sektor pendidikan dengan menunggu zona hijau.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan PAUD Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Sherly Imanda Hidayah, SPsi, Kamis (18/6/2020).

Ditambahkan, lembaga PAUD menjadi sektor terakhir yang dibuka karena dianggap menjadi lembaga yang memiliki siswa dengan usia yang paling rawan terpapar namun belum bisa diarahkan untuk memenuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Yang jelas sangat rawan sekali ya, anak usia segitu belum bisa untuk kita suruh phsycal distancing, atau memakai masker sepanjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung," ungkap Sherly.

Lembaga jenjang PAUD rencananya akan di buka kembali sesuai arahan dari Menteri Pendidikan yaitu menunggu daerah menjadi zona hijau serta setelah melalui tahapan-tahapan jenjang pendidikan diatasnya dan dikatakan aman.

"Jadi untuk daerah zona hijau nanti pada tahun ajaran baru pada tanggal 13 Juli akan dibuka untuk jenjang SMA-SMP dengan mengikuti protokol kesehatan, kemudian dua bulanan setelahnya diikuti jenjang SD dan jika aman dua bulan setelahnya baru akan diikuti oleh PAUD," imbuhnya.

Dengan kebijakan tersebut, ia mengharapkan guru-guru PAUD bisa lebih berkreatif untuk memberikan pembelajaran di rumah, serta mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut kedatangan siswanya pada era normal.

"Ini menjadi tantangan tersendiri ya untuk guru PAUD, yang jelas kita bersama harus berpacu untuk menjadi lebih kreatif serta menyiapakan diri, sarana prasaran serta alat pembelajaran lebih baik lagi," pungkas Sherly. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: