Bisa Bikin Rezeki Lancar, Inilah 2 Jenis Sedekah Paling Mudah dan Berpahala yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

Bisa Bikin Rezeki Lancar, Inilah 2 Jenis Sedekah Paling Mudah dan Berpahala yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

Bisa Bikin Rezeki Lancar, Inilah 2 Jenis Sedekah Paling Mudah dan Berpahala yang Dapat Dilakukan Setiap Hari-Audio Dakwah-Youtube

RADARPEKALONGAN - Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Islam. Nah, ternyata ada lho beberapa jenis Sedekah paling mudah dan berpahala yang dapat dilakukan setiap hari.

Sedekah adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ibadah sunnah yang satu ini tidak harus selalu dikerjakan dengan uang atau harta.

Menurut para ulama, sedekah dapat dilakukan dengan apa saja, tidak melulu harus dengan uang atau harta. Bahkan, menurut para ulama ada beberapa jenis sedekah yang tidak perlu menggunakan uang dan mudah untuk dilakukan.

Sedekah diketahui berasal dari bahasa arab "shadaqah" yang artinya memberi dengan ikhlas dan jujur. Hal tersebut sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam buku "Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas V" karangan Yusak Burhanudin dan Muhammad Najib.

BACA JUGA:Inilah 3 Ciri-Ciri Orang yang Kurang Bersedekah, Jangan Sampai Kamu Termasuk!

BACA JUGA:Orang yang Selalu Bersedekah Akan Didoakan oleh Malaikat Pembawa Rezeki, Begini Caranya Kata Gus Baha

Sedangkan menurut terminologi, sedekah adalah pemberian sukarela kepada orang lain yang membutuhkan (terutama kepada orang-orang miskin) yang tidak ditentukan jenis, jumlah ataupun waktunya.

Sedekah yang paling baik adalah sedekah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi kepada orang yang berhak menerimanya dan semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah.

Pada umumnya sedekah yang dikeluarkan berupa uang atau harta yang lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata sedekah juga dapat berbentuk bantuan, ilmu, pertolongan dan perbuatan baik lainnya.

Nah, ternyata ada lho beberapa sedekah yang mudah dilakukan setiap hari tanpa menggunakan uang. Bahkan, menurut para ulama, jika kamu melakukannya secara rutin dapat melancarkan dan memudahkan rezeki.

BACA JUGA:Sudah Bersedekah Tapi Rezeki Masih Seret? Cobalah 7 Sedekah yang Paling Utama Menurut Al-Qur'an, Apa Saja?

BACA JUGA:5 Waktu Terbaik untuk Bersedekah dalam Islam, Perbanyaklah Sedekah di Waktu-waktu ini

Menurut para ulama, ada beberapa sedekah yang sangat mudah untuk dilakukan oleh umat muslim. Bahkan, sedekah ini tidak membutuhkan tenaga yang banyak dan uang sepeserpun, namun memiliki dampak yang sangat laur biasa.

Lantas, apa saja sedekah yang dimaksud? Berikut ini adalah beberapa jenis sedekah paling mudah dan berpahala yang dapat dilakukan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: