Wajib Kamu Coba Sehari-hari, Ini Dia Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Ampuh

Wajib Kamu Coba Sehari-hari, Ini Dia Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Ampuh

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat--radargroup.id

Berhenti merokok adalah cara cepat menurunkan kolesterol yang wajib kamu lakukan. Merokok atau sekadar menghirup asap rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan masalah pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung dan otak. Kondisi ini akan sangat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke jika disertai dengan kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Lansia Wajib Baca! Inilah 8 Obat Herbal Penurun Kolesterol Tinggi Dijamin Ampuh dan Tanpa Efek Samping

4. Batasi konsumsi alkohol

Beberapa enelitian menunjukkan bahwa minuman beralkohol yang dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Namun, minum alkohol untuk menurunkan kadar kolesterol tidak dianjurkan, karena risiko alkohol menyebabkan penyakit cenderung lebih besar daripada manfaatnya.

Mengonsumsi alkohol yang berlebihan mampu meningkatkan jumlah LDL yang teroksidasi. Dan pembuluh darah akan lebih rentan terhadap aterosklerosis. Ini berarti risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga dipercaya dapat meningkatkan HDL. Kadar HDL yang optimal sangat penting untuk menurunkan kolesterol dengan cepat, karena kolesterol baik ini berperan sebagai pengangkut kolesterol jahat dalam darah untuk kembali ke hati.

Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk jantung dan pembuluh darah, serta mampu membantu menurunkan berat badan. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, seperti bersepeda, berenang, jogging, dan senam aerobik.

6. Konsumsi suplemen

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan, yang kaya akan asam lemak omega-3, dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Pastikan kamu mengikuti aturan pakai yang tertera pada label kemasan.

Kolesterol memiliki fungsi penting dalam tubuh, tetapi juga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung jika kadarnya tidak terkontrol.

Oleh karena itu, kadar kolesterol dalam darah perlu dikontrol dengan gaya hidup sehat agar tetap berada dalam batas normal.

BACA JUGA:Mudah Dibuat! Inilah 5 Ramuan Herbal Penurun Kolesterol Tinggi yang Cocok untuk Usia Di Atas 30 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: