Bagus untuk Lansia, Inilah 6 Vitamin untuk Kesehatan Tulang Agar Tulang Tetap Kuat dan Selalu Sehat

Bagus untuk Lansia, Inilah 6 Vitamin untuk Kesehatan Tulang Agar Tulang Tetap Kuat dan Selalu Sehat

vitamin untuk kesehatan tulang --freepik.com/jcomp

2.  Vitamin C

Vitamin untuk kesehatan tulang yang kedua adalah vitamin C. Vitamin C dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh. Tidak hanya baik untuk meremajakan kulit, kolagen juga merupakan komponen penting dari tulang dan sendi.

Kolagen membantu senyawa lain agar mudah menyatu dan membentuk tulang yang kuat. Kolagen juga berfungsi membuat jaringan tubuh tahan terhadap peregangan dan perubahan bentuk.

Tubuh membutuhkan setidaknya 500 miligram vitamin C setiap harinya.  Kamu bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi buah dan sayur, atau mengonsumsi suplemen tambahan.

3.  Vitamin K

Vitamin K sangat baik untuk memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang. Memiliki sejumlah peran penting, yaitu mengantarkan kalsium dari darah ke tulang, memperkuat osteocalcin, dan komponen protein pada tulang, vitamin K dapat mencegah tulang mudah retak dan membantu penyembuhan patah tulang lebih cepat.

Pria membutuhkan 120 mikrogram vitamin K, sedangkan wanita membutuhkan 90 mikrogram vitamin K setiap harinya. Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin K melalui sayuran, seperti brokoli dan kembang kol, ikan, daging, dan telur.

BACA JUGA:Cara Atasi Tulang Keropos dengan Resep Ramuan Herbal dr Zaidul Akbar, Cukup Gunakan Jahe dan Gula Aren

4.  Vitamin B12

Vitamin lain yang juga dapat menjaga kesehatan tulang adalah vitamin B12. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka dapat memicu pengeroposan tulang dan membuat tulang menjadi lemah.

Kebutuhan vitamin B12 untuk orang dewasa adalah 2-4 mcg setiap harinya. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan laut, seperti ikan herring, tuna, kepiting, dan sarden yang kaya akan kandungan vitamin B12.

5.  Kalium

Selain menyeimbangkan keasaman dalam tubuh, kalium juga mencegah kalsium terbuang dari tubuh. Sehingga kalium dapat membantu memperkuat tulang.

Kebutuhan harian kalium untuk orang dewasa adalah 4700 mg. Cobalah mengonsumsi alpukat, brokoli, bit, dan yogurt untuk memenuhi kebutuhan kalium.

6.  Magnesium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: