Dari Sumur ke Istana: Kisah Mukjizat Nabi Yusuf yang Menjadi Suri Teladan bagi Umat Muslim

Dari Sumur ke Istana: Kisah Mukjizat Nabi Yusuf yang Menjadi Suri Teladan bagi Umat Muslim

Kisah Mukjizat Nabi Yusuf yang Menjadi Suri Teladan -Pradeep Gopal / Unsplash-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Kisah mukjizat nabi Yusuf adalah salah satu Kisah yang paling menarik dan mengagumkan dalam sejarah Islam. 

Kisah ini mengisahkan perjalanan hidup nabi Yusuf dari seorang anak yang dilemparkan ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya yang iri, hingga menjadi penguasa Mesir yang adil dan bijaksana. 

Kisah ini penuh dengan pelajaran dan hikmah yang dapat kita ambil untuk menghadapi berbagai ujian dan cobaan dalam hidup. 

Mari kita simak kisah mukjizat nabi Yusuf yang menginspirasi ini. 

BACA JUGA: Kisah Nabi Yusuf dan Pelajaran yang Dapat Kita Ambil: Ternyata Tidak Hanya Rupanya, Hatinya pun Indah

Nabi Yusuf yang Bermimpi 

Di dalam Al-Quran, Allah SWT mengabadikan kisah nabi Yusuf ke dalam surah bernama Yusuf sebanyak 111 ayat yang turun di Mekah. 

Beliau lahir dari Bani Israil, dan ayahnya sendiri, nabi Yaqub, adalah Israil yang akan melahirkan suku-suku Israil ke depannya. 

Suatu malam, nabi Yusuf bermimpi bahwa ada 11 bintang, matahari dan bulan yang berlutut di hadapannya. 

Saat menceritakan tentang mimpi itu kepada sang ayah, nabi Yaqub menafsirkan bahwa sebenarnya arti dari mimpi itu adalah kelak Yusuf akan menjadi orang yang dihormati. 

Nabi Yaqub pun berpesan kepada Yusuf agar tidak menceritakan hal ini kepada saudara-saudaranya yang lain, karena nabi Yaqub khawatir mereka akan semakin iri kepada keistimewaan Yusuf. 

BACA JUGA: Kisah Mukjizat Nabi Harun yang Jarang Diketahui: Bukti Kebesaran Allah SWT

Dibuang ke Sumur 

Di antara kedua belas anaknya, nabi Yaqub memang cenderung memberi perhatian lebih kepada Yusuf dan saudara seibu Yusuf, Bunyamin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: