Ternyata Inilah 5 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Lansia, Nomor 4 Jarang Kamu Sadari

Ternyata Inilah 5 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Lansia, Nomor 4 Jarang Kamu Sadari

penyebab kolesterol tinggi pada lansia --freepik.com/freepik

Berbagai hal dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Makanan tertentu memiliki jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterolmu. 

BACA JUGA:Penurun Kolesterol Terbaik! Ini Dia 5 Jenis Susu yang Dapat Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

BACA JUGA:11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Meredakan Nyeri Sendi hingga Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Berikut adalah 5 penyebab kolesterol tinggi pada lansia: 

1. Lemak Jenuh

Penyebab kolesterol tinggi pada lansia yang pertama adalah lemak jenuh. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) kamu lebih dari apa pun dalam makananmu. Asam lemak trans terbentuk ketika minyak nabati dihidrogenasi untuk mengeraskannya.

Asam lemak trans juga meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol ditemukan dalam makanan yang berasal dari sumber hewani, seperti kuning telur, daging, dan keju. 

2. Kelebihan Berat Badan 

Penyebab kolesterol tinggi pada lansia berikutnya adalah berat badan. Kelebihan berat badan juga cenderung meningkatkan kadar LDL dalam tubuhmu, menurunkan kadar high-density lipoprotein (HDL), dan meningkatkan kadar kolesterol totalmu. 

3. Kurang Aktivitas

Kurangnya aktivitas atau olahraga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL kamu.

Olahraga teratur dapat membantumu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar LDL. Hal ini juga dapat membantu kamu meningkatkan kadar HDL. 

4. Kondisi Genetik 

Penyebab kolesterol tinggi pada lansia selanjutnya adalah genetik. Namun demikian, ada juga orang yang memiliki kolesterol tinggi yang diturunkan dalam keluarga.

Kondisi genetik yang diturunkan berupa hiperkolesterolemia familial menghasilkan kadar kolesterol LDL yang sangat tinggi. Kondisi ini dimulai sejak lahir, dan dapat menyebabkan serangan jantung pada usia dini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: