Kegiatan Pramuka Diharap Tak Sekadar Formalitas

Kegiatan Pramuka Diharap Tak Sekadar Formalitas

Pesta Siaga Kwarran Batang

Kwartir Ranting (Kwarran) Batang menggelar pesta siaga tahun 2018 yang diikuti 1320 siswa dari pangkalan yang ada di ranting Batang, Senin (4/1).

Camat Batang, Budiyanto selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) berharap kegiatan pramuka tidak hanya sekadar jadi formalitas. Tetapi bisa menjadi rutinitas di tiap-tiap pangkalan.

"Kegiatan pesta siaga ini menurut saya sangat bagus karena bisa menjadi pengalaman berharga bagi para pesertanya. Dan saya harap untuk pangkalan yang ada di ranting Batang aktif melakukan kegiatan pramuka. Tidak hanya ketika ada acara semacam ini, tapi juga ada latihan rutin di sekolah. Karena pramuka juga termasuk ekstra kurikuler wajib, tetapi sejauh ini dari laporan Kakwaran di Ranting Batang sendiri sudah cukup bagus," terang Budiyanto.

SERU - Kegiatan para peserta pesta siaga Kwarran Batang yang digelar Senin (4/1). NOVIA ROCHMAWATI

Lebih lanjut, Budiyanto berharap dengan rutinnya kegiatan pramuka juga menjadi kesempatan bagi siswa lain untuk mengenal pramuka. Siswa-siswa lain yang tidak mengikuti pesta siaga ini juga bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan lainnya.

Ketua Kwarran Batang, Purwoko berharap kegiatan pesta siaga ini juga dapat menjadi wadah untuk meningkatkan karakter anak, sesuai dengan satya dan dharma yang ada di pramuka. Pesta siaga ini juga menjadi wadah evaluasi kegiatan pramuka yang selama ini sudah rutin dilakukan oleh masing-masing pangkalan. Dalam kesempatan ini mereka diuji dengan melakukan tugas yang ada di 11 taman. Seperti taman agama, taman scouting skill, taman pentas seni, taman PBB, taman Panahan dan lainnya.

Purwoko menambahkan, kegiatan ini juga akan menjadi penentu perwakilan Batang untuk menuju pesta siaga tingkat Kwarcab Batang. Nantinya barung tergiat 1-3 dari putra ataupun putri akan menjadi wakil dalam Pesta Siaga Kwarcab yang rencananya akan digelar di kompleks Pantai Jodo Gringsing.

"Kami berharap bisa mengirimkan wakil terbaik kami ke pesta siaga Kwarcab. Karena tahun ini sendiri untuk tingkat bina wilayah (binwil) setara karesidenan akan digelar di Batang. Dan sesuai rencana Kwarran Batang akan menjadi tuan rumah Binwil. Kami harap perwakilan kami bisa berjaya hingga ke binwil, kalau bisa juga mewakili ke tingkat Persami," harap Purwoko. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: