Bukan Soal Mitos, Ini Arti Kedutan di Kaki Menurut Medis

Bukan Soal Mitos, Ini Arti Kedutan di Kaki Menurut Medis

Kedutan di Kaki Secara Medis-Pixabay -

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kedutan atau twitching adalah kondisi otot-otot bagian tertentu yang menegang atau terasa seperti sedang ditarik sesuatu. Kedutan pada kaki bisa dialami oleh siapa saja, baik anak muda hingga orang tua.

Di dunia medis, kedutan pada kaki dapat bermakna yang menjadi pertanda adanya suatu gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian kaki. Nah berikut arti kedutan kaki menurut medis, seperti dilansir dari Orami.com

1. Adanya Kesalahan pada Alas Kaki

Hal yang paling sering terjadi ketika kedutan kaki adalah terjadinya kesalahan pada alas kaki yang Moms gunakan.Dalam dunia medis, jika alas kaki yang digunakan tidak tepat, misalkan saja kekecilan atau kebesaran, maka otot kaki akan dipaksa bekerja lebih keras untuk menahan beban tubuh.

Ditambah lagi, alas kaki yang tidak pas ini akan menghambat peredaran darah dan oksigen sehingga tidak tersalurkan dengan baik sehingga berdampak pada otot kaki yang bisa mengalami kedutan.

2. Terjadi Beban yang Berlebihan pada Kaki

Arti kedutan kaki yang selanjutnya adalah terjadinya beban yang berlebihan pada kaki Moms. Akibat beban yang berlebihan, maka telapak kaki sangat rentan terhadap kedutan.

Otot akan mengalami kontraksi selama terus-menerus saat Moms melakukan gerakan. Lambat laun, nantinya otot akan kelelahan dan timbul rasa nyeri yang berakhir pada kedutan.

3. Tubuh Mendapat Nutrisi yang Tak Seimbang

Makna dari kedutan kaki yang terakhir jika dilihat dari segi media ini bisa menjadi sebuah pertanda kalau tubuh mendapat nutrisi yang tidak seimbang.

Jika kekurangan nutrisi vitamin B, B-12, tiamin, asam folat, magnesium, dan potasium, maka otot pada bagian kaki akan mengalami kedutan.

Selain tidak mendapat nutrisi yang seimbang, kedutan kaki kiri juga bisa menjadi pertanda kalau tubuh Moms sedang mengalami dehidrasi.

4. Stres atau Ketegangan

Stres dan ketegangan emosional juga dapat memengaruhi tubuh, termasuk otot-otot. Kedutan pada kaki atau bagian tubuh lainnya dapat menjadi gejala fisik dari ketegangan emosional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: