Ternyata Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Mencegah Kolesterol Jahat Naik, Bantu Jaga Kadar Kolesterol Tetap Aman

Ternyata Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Mencegah Kolesterol Jahat Naik, Bantu Jaga Kadar Kolesterol Tetap Aman

Manfaat Teh Hitam untuk Mencegah Kolesterol Jahat Naik--freepik.com/8photo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Teh digemari banyak orang karena memiliki banyak manfaat, termasuk manfaat teh hitam untuk mencegah kolesterol jahat naik.

Teh merupakan salah satu minuman yang sangat populer tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Di balik kenikmatan rasa pahit dan aroma khas yang ditawarkannya, teh membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Mengonsumsi teh, terutama teh hitam, diketahui bisa membantumu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Pada dasarnya, semua jenis teh, termasuk juga teh hitam, berasal dari daun Camellia sinensis. Hanya saja cara pemanenan dan pengolahannya yang berbeda.

Untuk menghasilkan teh hitam diperlukan proses oksidasi sempurna untuk mengubah warna daun, dari hijau menjadi hitam kecoklatan.

Karena teroksidasi, inilah yang membuat teh hitam berbeda dengan jenis teh lainnya: warna yang lebih pekat dan rasa yang lebih khas. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Resep Minuman Mentimun untuk Menurunkan Kolesterol, Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami

BACA JUGA:Inilah 5 Resep Jamu Kunyit yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi, Turunkan Kadar Kolesterol dengan Mudah

Manfaat Teh Hitam untuk Menjaga Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, individu yang mengonsumsi teh hitam secara teratur mengalami penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi teh hitam.

Selain itu, hasil dari beberapa uji klinis lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi teh dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kolesterol LDL, trigliserida, serta tekanan darah sistolik dan diastolik.

Penelitian lain dalam jurnal Preventive Medicine menemukan hasil yang serupa.

Pada individu yang mengonsumsi teh hitam, terjadi penurunan kadar trigliserida sebesar 36 persen dan peningkatan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) sebesar 20 persen, yang juga dikenal sebagai kolesterol baik.

Teh hitam juga mampu meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar gula darah puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: