Ternyata Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Mencegah Kolesterol Jahat Naik, Bantu Jaga Kadar Kolesterol Tetap Aman

Ternyata Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Mencegah Kolesterol Jahat Naik, Bantu Jaga Kadar Kolesterol Tetap Aman

Manfaat Teh Hitam untuk Mencegah Kolesterol Jahat Naik--freepik.com/8photo

Hasil penelitian yang dilakukan American Heart Association di New Orleans, Amerika Serikat, juga menunjukkan hasil yang serupa.

Mereka yang minum 3-4 cangkir teh hitam setiap pagi memiliki risiko gangguan jantung yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam sama sekali.

Sementara itu, menurut penelitian di Boston University School of Medicine, Amerika Serikat, teh hitam dapat mengembalikan fungsi pembuluh darah yang tidak normal. 

Fungsi aliran darah yang terganggu dapat menyebabkan stroke dan gangguan kardiovaskular lainnya. Oleh karena itu, teh hitam juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Konsumsi teh hitam juga telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Beberapa ahli menyatakan bahwa mengkonsumsi teh pahit secara teratur dapat menghambat kenaikan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang.

Hal ini diduga karena manfaat teh pahit dalam menghambat penyerapan lemak di usus. 

BACA JUGA:Ternyata Inilah 4 Bumbu Dapur yang Ampuh Menurunkan Kolesterol dengan Cepat, Kamu Wajib Coba!

BACA JUGA:Dijamin Ampuh! Inilah 7 Resep Jamu Kunyit untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Jangan Mengonsumsi Secara Berlebihan

Secara umum, teh hitam aman untuk dikonsumsi. Namun, jangan mengonsumsi teh secara berlebihan. Minum lebih dari 4-5 cangkir teh per hari dapat menimbulkan risiko kesehatan, karena kandungan kafein dalam teh hitam.

Beberapa gangguan kesehatan yang biasa dialami akibat asupan kafein yang berlebihan dari teh hitam antara lain: sulit tidur, gelisah, sakit kepala, sering buang air kecil, jantung berdebar, mual, muntah, dan nafas menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, konsumsilah dengan bijak.

Dengan berbagai manfaat konsumsi teh hitam dalam menjaga kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung, minum teh hitam secara moderat dan teratur dapat menjadi hal yang baik untuk kesehatan.

Diskusikan dengan dokter mengenai cara memasukkan asupan teh ke dalam menu makanan harian, terutama jika memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

BACA JUGA:Baik untuk Pengidap Kolesterol, Yuk Simak 3 Resep Jus Seledri Enak dan Sehat untuk Tubuh

BACA JUGA:Ini Dia 7 Resep Jus Dingin Segar untuk Menurunkan Kolesterol, Efektif Turunkan Kadar Kolesterol dengan Mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: