4 Titik Longsor di Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, Rumah Dihajar Tanah Longsor di Desa Depok Lebakbarang

4 Titik Longsor di Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, Rumah Dihajar Tanah Longsor di Desa Depok Lebakbarang

Tim Kampung Siaga Bencana Petungkriyono bersama warga tengah membersihkan material longsor yang menutup jalan di Dukuh Kasimpar Petungkriyono.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Empat titik longsor terjadi di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Rumah warga di Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang juga jebol dihajar tanah longsor, Minggu, 3 Desember 2023.

Untuk itu, memasuki musim hujan, masyarakat di wilayah pegunungan di Kabupaten Pekalongan diminta kian waspada dan siaga dengan potensi bencana longsor. 

Akibat diguyur hujan lebat pada Minggu siang, 3 Desember 2023, bencana tanah longsor terjadi di empat titik di wilayah Kecamatan Petungkriyono. Yakni di Dukuh Mudal Desa Yosorejo, Dukuh Kambangan Desa Tlogopakis, bahu jalan longsor di Dukuh Kambangan, dan tebing jalan longsor di Dukuh Kasimpar.  

"Di Dukuh Mudal, longsor menimpa rumah Pak Dodik, pegawai PNPM. Hanya bagian samping yang terkena longsor, penghuni rumah tidak ngungsi," kata Camat Petungkriyono, Hadi Surono.

Baca juga:Jalur Kroyokan Longsor, Akses Doro-Petungkriyono Terisolir

Baca lagi:Januari-Februari 2024 Diprediksi Puncak Musim Hujan, 10 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Rawan Banjir

Di Dukuh Kambangan, lanjut dia, tebing longsor juga menghantam bagian dapur rumah milik Karyoto. Sementara di Dukuh Kambangan, tebing longsor menimpa bahu jalan. Demikian pula di Kasimpar, tebing longsor menutup badan jalan.

"Alhamdulillah semuanya bisa cepat tertangani. Karena di Petungkriyono ada Kampung Siaga Bencana atau KSB yang selalu bergerak jika terjadi bencana alam," ujar Hadi Surono.

Oleh karena itu, jika terjadi bencana alam, masyarakat diimbau untuk segera melapor ke KSB. Menurutnya, KSB ini beranggotakan pihak kecamatan, Polsek Petungkriyono, Koramil Petungkriyono, tokoh masyarakat dan perwakilan dari desa. 

"Tadi juga diberikan bantuan makanan siap saji yang bersumber dari lumbung sosial," ujar Camat Petungkriyono.

Baca lagi:Waspada, Bencana Intai Lebakbarang

Camat Petungkriyono Hadi Surono mengimbau masyarakat untuk lebih siaga dan waspada potensi bencana alam selama musim penghujan ini. Utamanya bahaya longsor, angin dan pohon tumbang.

"Bagi masyarakat yang akan melintasi jalur Petungkriyono jika hujan lebat lebih baik berhenti dulu. Jangan paksakan menerabas hujan karena rawan tebing longsor dan pohon tumbang," pesan dia.

Sementara itu, longsor juga dilaporkan terjadi di Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang. Tanah persawahan longsor menghantam dinding dapur rumah warga di desa itu hingga jebol. Tak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: