Kelurahan Poncol Jamin 90% Warganya Tercover Program JPS

Kelurahan Poncol Jamin 90% Warganya Tercover Program JPS

KOTA - Kelurahan Poncol, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan salurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap 2 bulan Juni dari Pemerintah Kota Pekalongan kepada 990 Kepala Keluarga (KK) dengan besaran nominalnya sendiri Rp200.000 ribu/KK. berlokasi di kelurahan Poncol, Rabu (24/6/2020).

Sekcam Pekalongan Timur, Darminto yang hadir saat monitoring peyaluran JPS di Poncol mengungkapkan, pihak Kecamatan menjamin bahwa penyaluran tahap kedua ini sudah mengcover warga yang memang layak menerima. Bahkan, jika ada warga yang tercecer jadwal pengambilannya di luar jadwal pengambilan kelurahan yang sudah ditetapkan selama dua hari, juga masih dipersilahkan untuk melanjutkan sampai batas waktu 5 hari yang ditetapkan pemerintah kota, yakni dari tanggal 23 sampai 27 Juni 2020.

"Semua data sudah valid dan tercover, dan kalaupun ini pembagian masih ada yang tercecer tidak sesuai jadwal tetap nanti kita berikan, katakanlah di Poncol ini jadwalnya 2 hari, tapi nanti selama dua hari itu masih ada yang belum ke ambil, tetap kita masih membuka peluang hari berikutnya. Pokoknya sampai 5 hari ke depan. Jadi selama 2 hari itu kalau masih ada yang belum ngambil monggo silahkan masih diberi waktu," paparnya.

Di tempat yang sama, Lurah Poncol, Tikto Wibowo mengatakan, bagi warga yang masih belum tercover bantuan apapun namun telah terdata dalam data susulan dijamin akan memperoleh bantuan setelah penyaluran tahap kedua selesai. Hal itu menurutnya telah menjadi salah satu komitmen Pemerintah Kota Pekalongan yang disampaikan kepada semua jajaran kelurahan.

"Masih ada sisa yang akan dibagikan terakhir yang belum tercover semuanya. Ada tahap pertama tapi terakhir, kaitannya dengan warga yang belum dapat bantuan sama sekali, sudah ceklist-ceklist data ternyata masih ada, dan itu memang dijanjikan pemda terakhir setelah semuanya berjalan lancar dan terakhir akan mendapatkan bantuan susulan lagi," jelasnya.

Jumlah susulan yang masuk data Kelurahan Poncol saat ini ada sekitar 570-an KK. "Susulannya sendiri sekitar 570-an. Jadi itu masuk usulan-usulan baru. Niatnya biar semuanya tercover, "lanjut Tikto.

Ditambahkan, jika penyaluran tahap kedua dan penyaluran data susulan terealiasi dengan lancar, maka tercatat 90% warga Kelurahan Poncol mendapatkan bantuan dampak Covid-19. "Kemungkinan untuk poncol sendiri 90% mendapatkan bantuan semua," imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan selesainya penyaluran semua bantuan yang ada, maka warga bisa kembali fokus menjalani aktivitas di masa transisi era new normal, tetapi tetap patuh pada protokol kesehatan yang ada.

"Harapannya kalau di Poncol itu alhamdulillah sekarang itu dalam keadaan kondusif dan aturan-aturan dari pemerintah untuk pandemi covid ini taat semuanya. Jadi tidak ada yang sampai positif, dan sampai sekarang masyarakat masih mengikuti prosedur protokol kesehatan. Jadi meskipun sudah beraktivitas tapi mereka tetap pake protokol kesehatan tetap berjalan," tutupnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: