Ini Dia 8 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Wajib Kamu Tahu, Ampuh Turunkan Kolesterol

Ini Dia 8 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Wajib Kamu Tahu, Ampuh Turunkan Kolesterol

makanan penurun kolesterol tinggi --freepik.com/freepik

Makanan penurun kolesterol tinggi berikutnya adalah mentimun. Selain rasanya yang segar dan kaya akan kandungan cairan, mentimun (atau timun) memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Hal ini dikarenakan mentimun sangat kaya akan serat yang dapat membantu memecah lemak jahat di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, mentimun juga kaya akan kalium dan magnesium yang dapat membantu mencegah hipertensi.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, mentimun sebaiknya dikonsumsi langsung beserta kulitnya. Tidak perlu proses pemanasan, yang penting sudah dicuci bersih sebelum dikonsumsi sebagai lalapan. 

4. Terong

Makanan penurun kolesterol tinggi selanjutnya adalah terong. Selain tidak mengandung kolesterol sama sekali, serat dalam terong - atau terong - efektif dalam melarutkan kolesterol dalam usus.

Selain itu, antosianin dalam terong telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Namun, manfaat-manfaat ini bisa hilang seketika jika terong diolah dengan cara yang salah.

Menggoreng terong, seperti yang dilakukan oleh banyak restoran, bukanlah cara yang tepat untuk memasaknya. 

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk mengolah terong? Penelitian menemukan bahwa cara terbaik untuk memasak terong adalah dengan mengukusnya.

Dengan cara ini, kandungan nutrisi dalam terong dapat terjaga dengan baik sehingga manfaat yang diberikan juga optimal.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Resep Minuman Mentimun untuk Menurunkan Kolesterol, Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami

5. Tahu dan Tempe

Tahu, tempe, dan produk olahan kedelai lainnya tidak hanya mengandung serat dan cairan yang mudah larut, tetapi juga senyawa fitokimia seperti saponin, fitosterol, lesitin, dan asam linoleat.

Zat-zat ini memiliki efek menurunkan kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi produk kedelai cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dan terhindar dari penyakit jantung koroner dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: