Ini Dia 8 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Wajib Kamu Tahu, Ampuh Turunkan Kolesterol

Ini Dia 8 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Wajib Kamu Tahu, Ampuh Turunkan Kolesterol

makanan penurun kolesterol tinggi --freepik.com/freepik

6. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi bermanfaat, seperti inulin, kalium, dan serat.

Zat inulin pada pisang disebut-sebut dapat mengurangi kolesterol dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan zat potasium dalam pisang dapat membantu mengoptimalkan tekanan darah.

Untuk serat pada pisang, senyawa ini dapat membantu mengikis kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

7. Cokelat Hitam

Sebuah studi meta-analisis yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh.

Namun, temuan ini hanya bersifat hipotesis. Dengan kata lain, penelitian lebih lanjut yang komprehensif diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat cokelat hitam dalam menurunkan kolesterol.

8. Delima

Delima adalah buah yang mengandung berbagai macam nutrisi, seperti magnesium, kalium, seng dan tembaga. Buah ini juga mengandung antioksidan, rendah lemak dan kalori.

Karena mengandung nutrisi tersebut, terutama antioksidan, buah delima disebut-sebut sebagai makanan alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah makanan penurun kolesterol tinggi yang dapat kamu coba sehari-hari.

BACA JUGA:Ternyata Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Mencegah Kolesterol Jahat Naik, Bantu Jaga Kadar Kolesterol Tetap Aman

BACA JUGA:Jenis-jenis Teh Penurun Kolesterol Paling Ampuh yang Wajib Kamu Coba, Mudah Turunkan Kolesterol secara Alami

Hal lain yang tak kalah penting adalah memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Dengan begitu, kondisi tubuh kamu dapat selalu terpantau dengan baik. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: