7 Cara Mengatasi Masuk Angin, Efektif dan Dijamin Cepat Sembuh

7 Cara Mengatasi Masuk Angin, Efektif dan Dijamin Cepat Sembuh

Cara Mengatasi Masuk Angin--freepik.com/cookie_studio

Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air garam, dengan ¼ hingga ½ sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Hal ini dipercaya dapat meredakan sakit atau gatal pada tenggorokan untuk sementara. 

Berkumur dapat melembabkan tenggorokan yang sakit dan memberikan kelegaan sementara. Untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, cobalah obat kumur yang mengandung astringen.

Kamu juga dapat merendam satu sendok makan jus lemon dalam dua cangkir air panas dan mencampurnya dengan satu sendok teh madu. 

Minum air putih atau cairan hangat dapat membantu meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan membantu menenangkan selaput yang meradang yang melapisi hidung dan tenggorokan.

Kamu juga dapat menambahkan madu yang dapat menenangkan saluran napas dan memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Selain minuman, kamu juga dapat mencoba semprotan obat radang tenggorokan, atau permen jahe. Kamu perlu berhati-hati saat memberikan permen kepada anak-anak, karena mereka bisa tersedak jika belum bisa mengunyahnya. 

Carilah tablet hisap yang mengandung ekstrak echinacea atau elderberry, zinc, dan vitamin C. 

4. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat mengeluarkan uap yang dapat melembabkan saluran hidung dan membuat tubuh lebih rileks. Jika kamu mengalami sakit kepala karena pilek, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mandi air hangat.

BACA JUGA:Hati-Hati, Ini 5 Alasan Sering Mengalami Gejala Masuk Angin yang Sering Disalah Pahami, Ternyata Berbahaya

5. Menjaga Kelembapan Udara

Menjaga kelembapan udara juga dapat dilakukan dengan menyediakan vaporizer atau diffuser/humidifier di dalam ruanganmu. Hal ini dilakukan untuk membantu pergantian udara di dalam ruangan setiap harinya agar dapat tersirkulasi dengan baik.

6. Pijat

Jika kamu sedang masuk angin, terapi pijat juga dapat membantumu pulih lebih cepat. Pijat meningkatkan aliran darah dan cairan yang membantu menyehatkan tubuh.

Meningkatkan aliran darah juga membantu tubuh melawan kuman dan racun dalam sistem dan berkontribusi untuk menghilangkan limbah atau kuman dari tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: