Presiden Jokowi Pantau Penanaman Padi di Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi, Target Produktivitas Nasional Naik

Presiden Jokowi Pantau Penanaman Padi di Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi, Target Produktivitas Nasional Naik

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Rabu (13/12/2023) memantau secara langsung penanaman padi di Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi. Adapun dalam musim tanam kali ini target produktivitas ini ditargetkan naik. 

Presiden RI Jokowi tiba di area pertanian di Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan sekitar pukul 09.45 wib didampingi langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Kemudian Menteri PMK Muhajir Efendi, Pj Gubernur, Nana Sudjana dan Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyempatkan untuk menyapa petani yang tengah menanam padi secara serentak seluas 10 hektar. Kemudian menuju ke tengah sawah dan berhenti di gubuk tani bersama rombongan. Setelah beberapa menit berbincang di gubuk tani, Jokowi berkesempatan menyapa warga sekitar dan foto bersama. Selain itu juga dibagikan paket sembako kepada warga dan petani. 

Presiden RI, Joko Widodo kepada sejumlah awak media menyampaikan saat ini karena memasuki musim hujan maka sudah mulai di banyak provinsi melakukan tanam padi. 

"Kita ingin mendorong agar petani segera memulai menanam padi. Karena waktu kita kemarin karena el nino, agak mundur sedikit. Sehingga ini segera kita kejar agar tanam, tanam, tanam. Karena kita harapkan, nanti di bulan Maret atau April kita sudah mulai panen," katanya. 

Mengenai petani saat ini masih mengeluhkan kelangkaan pupuk, kata Presiden sudah diselesaikan sama Mentan. Bahkan tadi juga ditanya ke petani urusan pupuk saat ini tidak ada masalah, aman. 

"Tapi kalau nanti, gak tau, kalau semua nanam, pupuknya, tapi Pak Mentan tadi sudah menyanggupi akan dibereskan semuanya. Yang dulu pupuk subsidi harus pakai kartu tani, sekarang pakai KTP bisa. Lebih menyederhanakan. Di tempat-tempat tertentu tidak semuanya," ungkap Jokowi. 

Untuk target musim tanam kali ini, tambah Jokowi, harus naik. 

"Harus naik. Harus naik. Karena kemarin kita sempat turun karena El Nino. Untuk stok beras saat ini aman. Di Bulog masih terakhir kemarin pagi saya cek 1,4 juta ton," imbuhnya.

Sementara Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan dengan kehadiran Pak Jokowi, banyak bantuan yang didapat. 

"Kita diberikan rumah pompa, mau dibangunkan sumur untuk para petani, mau dikasih pupuk. Dikasih macam-macam, pokoknya Alhamdulillah, berkah," ungkapnya. 

Disinggung apa yang dibahas saat digubug tani, Fadia mengaku menganiaya masalah para petani, kekeringannya seperti apa, harga-harga berapa sekarang, keluh kesah apa yang mau dibantu pekalongan. 

"Alhamdulillah bahagia? Luar biasa, masyarakat juga senang karena memang Pak Jokowi presiden yang baik," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: