Kalian Mau Tahu? 4 Perkara yang Bisa Menjadi Penghalang Masuk Surga dan Seret Rezeki

Kalian Mau Tahu? 4 Perkara yang Bisa Menjadi Penghalang Masuk Surga dan Seret Rezeki

perkara yang bisa menjadi penghalang masuk surga-youtube-Tadabbur Ilmi

Pertama, perkara yang bisa menjadi penghalang masuk surga yakni perkara sombong. Tak hanya penghalang masuk surga, perkara sombongpun dapat mengakibatkan seretnya rezeki.

BACA JUGA:Habib Luthfi bin Yahya Ungkap Amalan Sholawat Jibril Bikin Rezeki Mengalir Deras Beserta Pesan Pentingnya

Jika kalian sombong, telah hilang rezekimu atas kerabat dan saudara yang tadinya mau bersahabat denganmu.

Itupun masih satu, belum lainnya. Maka dari itu, sebisa mungkin, hindarilah perkara sombong ini. Allah SWT. pun tidak menyukai kepada hambanya yang melakukan perkara sombong.

2. Utang

Nah, ini tergolong pekara yang sering kita jumpai di dalam kehidupan. Ternyata, perkara utang bisa menjadi penghalan kalian masuk surga.

Walaupun tidak ada larangan utang di dalam  Al-Qur’an, jika kalian berhutang kepada orang lain, selayaknya kamu  cepat-cepat untuk melunasi  utang tersebut. 

BACA JUGA:Jangan Panik Saat Anak Sakit, Berikut 3 Doa Agar Anak Diberikan Rezeki Kesembuhan Penyakit, Patut Diamalkan

Perkara utang dapat menjadi penghalang masuk surga. Seperti dijelaskan melalui sejumlah hadist sebagaimana dinukil Syamsul Rizal Hamid di dalam buku “1500+++ Hadist & Sunah Pilihan.”

Diriwayatkan dari Abdullah bin 'Amr RA yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Semua dosa orang yang mati syahid diampuni, kecuali utang." (HR Muslim).

3. Memutusakan Persaudaraan

Selain itu, perkara yang bisa menjadi penghalang masuk surga yaitu memutuskan persaudaraan. Jangan sesekali kalian memutuskan persaudaraan. Kalaupun ada masalah, selesaikanlah secara musyawarah.

Terdapat sebuah hadist yang menyebutkan, memutus hubungan persaudaraan menjadikan penghalang kalian masuk surga. Nabi Muhammad SAW. bersabda:

ا يَدْخُلُ اَلْجَنَّةَ قَاطِعٌ

Artinya: “Tidak masuk surga orang yang memutuskan, yakni memutuskan silaturahmi." (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi).

BACA JUGA:Tengok Saudara Saat Sakit? Berikut Doa untuk Orang Sakit Sesuai Anjuran Nabi, Dapat Rezeki Kesembuhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: