SDN 01 Limbangan Gelar Bazar dan Pasar Siaga

SDN 01 Limbangan Gelar Bazar dan Pasar Siaga

TUNJUKKAN - Para siswa antuasias menunjukkan hasil karya mereka dalam gelaran bazar dan pasar siaga-FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pendidikan kepramukaan merupakan proses pembentukan karakter anggota Pramuka dilakukan secara terprogram. Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Upaya tersebut dilakukan oleh pangkalan SDN 01 Limbangan dengan mengemas kegiatan Bazar dan Pasar Siaga. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 bertempat di pangkalan SDN 01 Limbangan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Pramuka siaga, pembina, orang tua dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA:SD Pius Pekalongan Ajak Orang Tua Paham Pentingnya Jaga Asupan Gizi Anak

Bazar siaga menampilkan hasil karya Pramuka siaga sebagai bentuk apresiasi dalam berkreasi membuat hasta karya. Hal itu disampaikan oleh Kak Susana selaku pembina putri, "Bazar siaga merupakan kreatifitas Pramuka siaga untuk mengukur sejauh mana potensi dari anggota Pramuka".

Pasar siaga merupakan kegiatan Pramuka siaga untuk melatih kewirausahaan dengan kegiatan niaga. Kegiatan ini mengenalkan Pramuka siaga bagaimana perencanaan, proses jual beli,membuat laporan keuangan singkat. Namun demikian fungsi sebenarnya adalah pendidikan karakter bagaimana bisa berwirausaha, berkomunikasi dengan sopan dan baik. 

Disampaikan Ketua Gudep Putra Kak Warohmin merasa sangat bangga atas terselenggaranya bazar dan pasar siaga. Semua peserta terlihat sangat antusias dan penuh semangat.

"Pasar siaga dapat berjalan dengan lancar dan kami sangat bangga pada Pramuka siaga bisa menggali potensi kewirausahaan melalui festival jajan dan minuman".

Sejalan dengan itu Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kak Hartono menuturkan kegiatan Bazar dan Pasar siaga dilaksanakan berbarengan dengan momentum penerimaan raport karena melibatkan banyak pihak yang terlibat untuk memajukan gerakan Pramuka. 

BACA JUGA:SD Muhammadiyah Tanjungsari Gelar Festival Karya dan Perpisahan Kampus Mengajar

Tidak hanya itu, kegiatan ini mendapat testimoni yang baik dari orang tua dan harapannya ke depan kegiatan tersebut untuk diteruskan. Pengunjung sangat ramai, semua pembina merencanakan dengan baik, cuaca mendukung dan kegiatan sukses. 

"Saya selaku Kamabigus memberikan motivasi agar melalui kegiatan kepramukaan anggota Pramuka dapat terbentuk karakter yang baik, nasionalisme, terampil, dan mampu menciptakan generasi bangsa yang tangguh dan mandiri," pungkasnya.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: