Anies Baswedan Jalin Contract Farming dengan Petani Padi di Kabupaten Pekalongan

Anies Baswedan Jalin Contract Farming dengan Petani Padi di Kabupaten Pekalongan

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Calon presiden Anies Baswedan melanjutkan safari di Jawa Tengah dengan mengunjungi petani padi di Desa Salakbrajo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.

Dalam kesempatan tersebut, Anies Baswedan mendengarkan keluhan dan aspirasi para petani. Utamanya, soal harga padi yang tidak stabil dan irigasi yang kerap bermasalah.

Untuk itu, Capres No urut 1 tersebut menawarkan konsep contract farming yang menjamin pembelian hasil panen agar harga stabil.

"Kita akan memulai (contract farming) di sini. Jadi petani-petani punya rasa tenang selama menanam sampai panen,” ujarnya.

Contract farming sendiri merupakan jaminan pembelian panen. Dengan begitu, para petani tidak perlu khawatir tentang hasil panennya nanti.

Anies menambahkan, konsep contract farming ini sukses diterapkan saat ia memimpin Jakarta pada 2017-2022. Berbagai kelompok tani bekerja sama dengan BUMD DKI, untuk menjamin keamanan pasokan ke Jakarta.

Karena itu, Anies Baswedan bertekad akan membawa cerita sukses ini untuk diterapkan di tingkat nasional begitu ia terpilih jadi presiden dalam pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: