Keren! Pak Bhabin ini Keliling Pakai Motor dan Semprotkan Disinfektan Racikan Sendiri untuk Warga

Keren! Pak Bhabin ini Keliling Pakai Motor dan Semprotkan Disinfektan Racikan Sendiri untuk Warga

DISINFEKTAN MANDIRI - Anggota Bhabinkamtibmas Sapuro Kebulen, Pekalongan Barat, Bripka Bayu Arifianto meracik dan membuat alat semprot disinfektan keliling untuk warga, Jumat (27/3/2020) petang. ISTIMEWA

KOTA - Apa yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Sapuro Kebulen, Polsek Pekalongan Barat, Polres Pekalongan Kota bernama Bripka Bayu Arifianto bisa dibilang cukup keren dan kreatif.

Demi membantu upaya Pemerintah dalam mencegah dan memerangi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pak Bhabin ini berinisiatif meracik sendiri cairan disinfektan secara mandiri, untuk selanjutnya disemprotkan ke permukiman di wilayah binaannya, yakni di Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Bukan hanya cairan disinfektan yang ia racik sendiri menggunakan campuran cairan pembersih, peralatan untuk menyemprotkan cairan disinfektan itu pun ia rancang dan rakit sendiri. "Peralatan ini baru jadi sore tadi," ungkap Bripka Bayu kepada Radar Pekalongan, Jumat (27/3/2020) petang.

Dijelaskan Bripka Bayu, 'peralatan perang' melawan virus corona tersebut dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas, dengan dana pribadi. Diantaranya, besi yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa untuk mengangkut dua galon air mineral dan satu toples, kemudian selang yang salah satu ujungnya dipasangi alat semprot, dan ujung lainnya dimasukkan ke galon berisi cairan disinfektan.

Peralatan berikut cairan disinfektan itu kemudian dibawa menggunakan sepeda motor dinas Bhabinkamtibmas yang ia pakai sehari-hari. Setelah siap, Bripka Bayu berkeliling ke daerah binaannya untuk melayani warga dalam penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Untuk lokasi mana saja yang mau disemprot, saya koordinasikan dengan Lurah, aparat kelurahan setempat, maupun warga yang membutuhkan. Insyaallah akan kami layani," ungkapnya. "Semoga apa yang kami perbuat ini bisa bermanfaat untuk masyarakat," imbuh Bripka Bayu. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: