Wow! Puluhan Anak Usia Dini Ramaikan Pojok Baca Cikita

Wow! Puluhan Anak Usia Dini Ramaikan Pojok Baca Cikita

MAIN - Siswa-siswi TK Slamaran 03 bersuka cita bermain dan membaca bukupojok baca Cikita.-FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam rangka meningkatkan minat baca anak, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan Kota Pekalongan giat melakukan upaya-upaya untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya adalah memperbanyak pojok baca disetiap sekolah, sepeti Pojok Baca Cikita di TK Sudirman 03 Slamaran Kencamatan Pekalongan Utara yang baru-baru ini diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan.

Diresmikannya Pojok Baca Cikita ini diinisiasi oleh TK Sudirman 03 Kota Pekalongan bersama Yayasan Cikal dan Kitabisa.com Jakarta, dimana upaya ini diyakini sebagai salah satu teknis pembinaan minat baca anak. Selain ikut meresmikan pojok baca Cikita, Yayasan Cikal dan Kitabisa.com Jakarta juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana seperti koleksi buku, perlengkapan sekolah, serta mainan edukasi anak usia dini.

Kepala Dindik Kota Pekalongan, Zainul Hakim turut menyampaikan apresiasinya dan ucapan terimakasih kepada CSR khususnya Yayasan Cikal dan Kitabisa.com yang sudah memberikan rasa pedulinya Pada peningkatan kualitas pendidikan di Kota Pekalongan terutama dalam memfasilitasi Pojok Baca Cikita dan bantuan pendukung lainnya di TK Sudirman 03 Kota Pekalongan.

"Tentunya, kami sangat berharap, melalui bantuan ini bisa menambah minat baca di kalangan pendidik yang nantinya ditularkan dan ikut mendampingi para peserta didiknya agar anak-anak usia dini mulai menyenangi budaya literasi melalui gerakan membaca buku," terang Zainul.

BACA JUGA:Perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Alun-alun Kajen Kabupaten Pekalongan Diwarnai Kericuhan

BACA JUGA:Logistik Pemilu 2024 Tiba di Gudang KPU Kabupaten Pekalongan

Ditambahkan, meskipun sudah memasuki era digital namun literasi buku khusunya untuk anak-anak usia dini tetap diperlukan. Karena mereka membutuhkan bahan bacaan yang sesuai dengan usia mereka.

Pihaknya berharap, atas sinergi fasilitasi dan bantuan ini bisa diperluas kepada sekolah-sekolah lain di Kota Pekalongan. Dimana, untuk sekolah-sekolah di Kota Pekalongan saat ini terutama di sekolah penggerak sudah ada pojok baca. 

"Di TK Sudirman 03 Kota Pekalongan ini walaupun belum kategori Sekolah Penggerak, namun sekolah ini mampu menjadi pioneer di jenjang TK untuk menginisiasi adanya Pojok Baca yang bekerjasama dengan Yayasan Cikal Jakarta. Mengingat, minat baca masyarakat Kota Pekalongan ini sebenarnya sudah mulai tumbuh, namun mereka lebih senang membaca literasi digital melalui gadget yang dimiliki. Padahal, membaca buku dengan dilengkapi gambar-gambar ini lebih menarik karena ada komunikasi interaktif dan semakin banyak membaca buku, maka semakin banyak membuka jendela wawasan pengetahuan kita terhadap kehidupan di dunia ini,"tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Sudirman 03 Kota Pekalongan, Khusnul Khotimah menerangkan, Pojok Baca Cikita ini memiliki kepanjangan " Cikal Kita Bisa Taman Anak" dengan tujuan mengenalkan budaya literasi kepada anak sedini mungkin dan meningkatkan minat baca pada anak yang lebih baik lagi.

"Pojok baca dengan konsep dilengkapi playground seperti disini memang baru pertama kali. Alhamdulillah kami dapat fasilitasi bantuan ini dari Yayasan Cikal dan Kitabisa.com serta Salam Setara,"ungkap Khusnul.

BACA JUGA:Wow!MA KH Syafi'i Raih juara 1 Lomba Da'i Competition

Khusnul menyebutkan, adapun jumlah peserta didik di TK Sudirman 03 ini ada 23 anak. Dimana, dalam acara ini, semua siswa juga mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah seperti sepatu, tas, tumbler, dan sebagainya.

"Sebenarnya disini sudah ada beberapa buku, namun karena kondisi wilayah sekolah kami yang rentan banjir, maka buku-buku itu terkena banjir dan rusak. Alhamdulillah adanya fasilitasi Pojok Baca dan bantuan koleksi buku dan mainan edukasi anak ini, kami bisa memperbaharui sarpras peningkatan literasi yang ada di sekolah kami,"tandasnya.(mal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: