Kesiapan Naker, OPD Diminta Tindaklanjuti Arahan Bupati

Kesiapan Naker, OPD Diminta Tindaklanjuti Arahan Bupati

BATANG - Kalangan DPRD Batang mendukung upaya Bupati Wihaji untuk memaksimalkan penyerapan tenaga kerja (naker) lokal bagi pemenuhan kebutuhan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang nantinya. Karena itu, OPD terkait diminta bergerak cepat untuk mempersiapkan masyarakat lokal yang butuh pekerjaan agar bisa terserap di KIT.

"Pak Bupati sudah tegas menyampaikan ke pusat, bahwa kebutuhan tenaga kerja di KIT nanti harus menyerap tenaga lokal. Makanya OPD terkait seperti Disnaker harus bergerak cepat, jangan menunggu nanti, karena bisa terlambat," ungkap anggota Komisi B DPRD Batang, Drs Sidqon Hadi, Rabu (5/8/2020).

Menurutnya, Disnaker harus menghitung secara rinci persebaran angka pengangguran terbuka di Kabupaten Batang. Mereka inilah yang bisa dipersiapkan untuk mengisi kebutuhan naker di KIT nanti.

"Termasuk potensi pengangguran terbuka dari lulusan SMA sederajat, ini juga harus dipertimbangkan. Karena tidak semua siswa bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Untuk membedah sebaran ini, bisa berkoordinasi dengan camat dan kepala desa selaku pemangku wilayah," terang politisi PKS ini.

Selanjutnya, Disnaker juga perlu menakar kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan, baik skilled maupun unskilled labour, sekaligus membuat skala prioritas penyiapannya. "Misal kalau memenuhi skilled labour nya agak susah, ya realistis saja dengan memaksimalkan keterserapan unskilled labour. Karena mereka inilah yang rentan menganggur. Selain itu, belajar dari pengalaman PLTU, skilled labour sangat kompetitif rekrutmennya, harus bersaing dengan tenaga-tenaga dari kota-kota lain," jelas Sidqon.

Seperti diketahui, KIT akan dibangun di Kabupaten Batang dengan masuknya sejumlah perusahaan multinasional. Sudah tujuh perusahaan yang berkomitmen dengan total nilai investasi mencapai rp 11,9 triliun dan potensi penyerapan 30.000 naker. Bupati Batang, Wihaji, sebelumnya juga sudah meminta OPD terkait beserta desa untuk mendata calon-calon naker hingga menyiapkan pelatihan-pelatihan ketrampilan yang dibutuhkan. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: