Ketua RT dan RW Diminta jadi Mulut dan Telinganya Pemerintah

Ketua RT dan RW Diminta jadi Mulut dan Telinganya Pemerintah

Ketua RT dan RW Diminta jadi Mulut dan Telinganya Pemerintah

ARAHAN - Bupati Kendal saat memberikan arahan kepada beberapa tokoh masyarakat di Boja saat kegiatan Kesbangpol di GOR Moro Tresno Kecamatan Boja.

KENDAL - Bupati Kendal, dr Mirna Anissa, memberikan arahan dalam kegiatan Pembinaan Karakter Kebangsaan bertemakan "Meningkatkan Kecintaan Masyarakat pada NKRI Melalui Pembentukan Agen-agen Kebangsaan, Rabu (9/10), di GOR Moro Tresno Kecamatan Boja. Dalam arahannya, Bupati menekankan pentingnya peran aktif Ketua RT dan RW dalam dalam mendukung visi dan misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Kendal. Sebab, mereka bisa berperan sebagai mulut dan telinganya pemerintah, lantaran bersinggungan langsung dengan masyarakat akar rumput.

"Semua Ketua RT dan Ketua RW sebagai agen kebangsaan bisa memberikan usulan berdasarkan data untuk disampaikan pada Pemkab Kendal sampai awal November, demi pembangunan Kabupaten Kendal yang berkelanjutan," kata Bupati.

Lebih lanjut diuraikan Bupati Kendal, Peran serta RT dan RW dalam pembangunan desa amatlah vital. Seperti yang telah dikemukakan, bahwa RT dan RW adalah lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa. Mereka adalah mulut dan telinga pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyampai kebijakan-kebijakan pemerintah desa, daerah maupun nasional dan sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat. Selain itu, mereka berada di tengah konflik masyarakat sehingga merekalah yang memiliki pemahaman lebih terhadap skala permasalahan dan konflik yang terjadi dimasyarakat.

"Oleh karenanya, kami menegaskan betapa vitalnya Para Ketua RW dan RT beserta para pengurusnya lantaran RT dan RW merupakan lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Kades," pungkasnya.(fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: