Ketua RT/RW Diajak Tingkatkan Pajak

Ketua RT/RW Diajak Tingkatkan Pajak

DIALOG - Bupati Kendal Mirna Annisa lakukan dialog dengan Ketua RT/RW di acara Rakor masalah strategis aktual.

KENDAL - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal, menggelar rapat koordinasi (Rakor) masalah startegis dan aktual bersama seluruh Ketua RT/RW se Kecamatan Kendal, di Balai Kelurahan Jotang, belum lama ini. Rakor membahas berbagai persoalan yang kerap ditemui di lingkungan rukun tetangga dan rukun warga tersebut, seperti jalan dan sampah.

Kegiatan rakor menjadi ruang bagi RT/RW untuk berdialog langsung dengan Bupati Kendal Mirna Annisa. Salah satu Ketua RT 2 Langenharjo Abdul Latif menanyakan dengan terjadinya peningkatan ekonomi di Kabupaten Kendal maka dapat memperhatikan kesejahteraan RT/RW yang sebelumnya diwacanakan.

"Kami bangga pembangunan Infrastruktur di kendal sudah merata dan baik, namun sekiranya dengan meningkatnya Lendal dalam hal ekonomi mohon untuk bisa memperhatikan RT/RW," katanya.

Menyikapi pertanyaan itu, Bupati Mirna Annisa menjawab jika saat ini sejak tahun 2019 Kendal adalah satu-satunya kabupaten yang menyerahkan seluruh dana kelurahan kepada lurah.

"Terkait kesejahteraan kami sudah usahakan RT/RW akan mendapat kompensasi dan itu telah disetujui. Semoga saja dana pencairan dapat keluar cepat per dua bulan ataupun per triwulan," katanya.

Untuk meningkatkan perekonomian dan pembangunan di Kecamatan, bupati mengajak seluruh RT/RW untuk ikut berperan dalam penarikan pajak. Hal itu disampaikan karena pajak yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk pembangunan dan bukan untuk satu pembangunan khusus di wilayah tertentu. Pemerintah Kendal ditahun 2020 akan segera melakukan penuntasan pembangunan infrastruktur jalan.

"Tak kalah pentingnya adalah akan meningkatkan perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) guna menghadapi tingginya arus ekonomi saat KEK mulai aktif. hal ini agar warga kendal dapat ikut menjadi penggerak roda ekonomi buka menjadi penonton," ungkapnya.

Sekertaris Daerah Kendal Moh Toha mengatakan, jika memasuki tahun 2020 hampir seluruh pembangunan Infrastruktur berjalan dengan baik terutama pembangunan jalan yang saat ini menyisakan sedikit pekerjaan. Jika saat ini Kabupaten Kendal menjadi salah satu kabupaten penopang ekonomi di Jawa Tengah.

"Hal tersebut karena Kawasan Industri Kendal (KIK) yang akan segera berubah menjadi Kawasan Ekonimi Khusus (KEK)," katanya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: