Kinerja Tiap OPD Harus Tetap Optimal, Bupati dan Wabup Gaungkan New Normal

Kinerja Tiap OPD Harus Tetap Optimal, Bupati dan Wabup Gaungkan New Normal

Bupati dan Wakil Bupati menggelar video conference dengan kepala OPD.

BATANG - Hari pertama kerja Usai libur Idul Fitri, Bupati dan Wakil Bupati menggelar video conference dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Batang, Selasa (26/5/2020). Pada kesempatan itu, kedua kepala daerah itu memberikan semangat untuk jajaranya dan memperkenalkan istilah New Normal.

"Menghadapi Pandemi Covid19 saat ini dibutuhkan sesuatu yang baru, yakni New Normal atau dengan istilah lain harus punya pemikiran baru dalam beraktifitas ditengah situasi Pandemi," ungkap Bupati Batang, Wihaji didampingi Wakil Bupati Suyono

Bupati menjelaskan, dengan belum adanya vaksi yang mampu melindungi dari ancaman virus Corona, maka seluruh lapisan masyarakat harus berdamai dengan situasi yang ada. Hal itu bukan berarti menyerah, namun harus tetap berusaha menghentikan penyebaran virus, tapi disisi lain aktifitas juga harus tetap berjalan sesuai protokol kesehatan. Mengingat program pemerintan daerah dan pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan maksimal.

"Kita yang ada di jajaran pemerintahan daerah jangan terjebak dengan situasi seperti ini yang entah sampai kapan akan berakhir. Kadang dibutuhkan logika yang tidak normal dalam melayani masyarakat, karena kegiatan di OPD juga tetap harus berjalan," jelas Bupati Wihaji.

Menurut Wihaji saat ini diibutuhkan logika yang tidak normal dalam bekerja dimasing-masing OPD, tetapi tetap sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku. Karena itulah, harus ada inovasi baru dalam melayani masyarakat. Dengan begitu, program dan kegiatan yang tertuang dalam RPJMD di tahun 2020 ini walaupun tidak bisa tercapai, tetapi tetap berjalan paling tidak bisa optimal," beber Wihaji.

Ditambahkan, hingga saat ini ketentuan pemerintah pusat terkait 35 persen anggaran untuk penanganan covid-19, masih ada sekitar 380 kabupaten dan kota belum memenuhi. Di Jawa Tengah sendiri ada 27, termasuk Batang.

"Karena itulah, kami meminta kepada kepala OPD agar dalam waktu dekat harus ada refokusing lagi anggarannya untuk memenuhi ketentuan pemerintah pusat," tambah Wihaji.

Wakil Bupati Batang Suyono menambahkan dan berharap kepala OPD bisa menghadapi New Normal, karena masyarakat juga membutuhkan pelayanan yang maksimal.

"Kepala OPD tetap semangat dengan dengan New Normal, walaupun keadaanya tidak normal dengan mengutamakan pelayanan masyarakat tetap berjalan normal sesuai protokol kesehatan," tandas Suyono. (don/hmb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: