Terapkan Sesuai Tujuan, Ini 6 Teknik Komunikasi yang Harus Kamu Ketahui Agar Tujuan Komunikasimu Tercapai

Terapkan Sesuai Tujuan, Ini 6 Teknik Komunikasi yang Harus Kamu Ketahui Agar Tujuan Komunikasimu Tercapai

Terapkan Sesuai Tujuan, Ini 6 Teknik Komunikasi yang Harus Kamu Ketahui Agar Tujuan Komunikasimu Tercapai--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Komunikasi merupakan kemampuan wajib bagi manusia. Bukan asal ngomong, kamu juga perlu memahami bahwa ada beberapa teknik Komunikasi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan tujuanmu dalam berkomunikasi.

Fungsi komunikasi sangatlah luas, mulai dari menyampaikan informasi, transfer emosi, menyelesaikan konfik, hingga memengaruhi orang lain. Dalam mencapai setiap fungsi tersebut dengan baik, kamu perlu memperhatikan teknik komunikasi yang kamu gunakan.

Contohnya saja, teknik komunikasi yang harus kamu gunakan untuk mempersuasi orang lain akan berbeda dengan teknik komunikasi yang kamu gunakan untuk tujuan memberikan edukasi.

Itu sebabnya, untuk mengoptimalkan fungsi komunikasi, kamu perlu memahami betul beberapa teknik komunikasi di bawah ini. Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA Gunakan 5 Trik Komunikasi Persuasif untuk Meyakinkan Orang, Buat Mereka Mengikuti Kemauanmu!

Teknik Komunikasi Informatif

Informatif merupakan fungsi yang paling umum dan mendasar dalam komunikasi. Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui teknik komunikasi yang tepat guna mewujudkan fungsi ini.

Ketika hendak menggunakan komunikasi untuk menyebarkan informasi, maka teknik yang kamu perlukan adalah teknik komunikasi informatif.

Teknik ini berkaitan dengan keterampilan berkomunikasi dengan menyampaikan tanda informasi, baik verbal, nonverbal, maupun paralinguistik. 

Sebagaimana namanya, teknik komunikasi informatif merupakan upaya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, utamanya mengenai perubahan sosial. 

Lewat informasi yang diberikan melalui proses komunikasi, masyarakat berpeluang untuk mengambil peran secara aktif dan memperoleh pengetahuan yang mumpuni.

Teknik Komunikasi Hubungan Manusia atau Human Relations

Tidak dapat ditampik bahwa komunikasi merupakan bekal besar untuk menjalin dan menjaga hubungan sesame manusia. Dalam konteks ini, komunikasi yang dimaksud lebih menjurus pada komunikais sehari-hari.

Meski terdengar remeh, fungsi ini juga harus diwujudkan melalui teknik komunikasi khusus, yakni teknik komunikasi human relations.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: