Apakah Kunir Asem Bisa untuk Menurunkan Diabetes pada Lansia Usia 60 Tahun ke Atas? Cek Faktanya di Sini!

Apakah Kunir Asem Bisa untuk Menurunkan Diabetes pada Lansia Usia 60 Tahun ke Atas? Cek Faktanya di Sini!

kunir asem bisa untuk menurunkan diabetes-ilustrasi kunir asem-sajian sedap

Ada sebbuah penelitian yang menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit bisa mengurango kadar glukosa dalam darah serta mengendalikan diabetes.

Ms. Pavithra N Raj juga mengatakan bahwa kunyit terdiri dari sejumlah komponen yakni kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi.

Beliau berkata, “Antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas yang mana menyebabkan kerusakan oksidatif. Komponen kurkumin dalam kunyit juga membantu mencegah pertumbuhan jaringan lemak.”

Selain itu, ada juga ahli gizi  bernama Soumita Biswas menjelaskan bahwa kunyit bisa memperngaruhi glikemia serta diabetes militus.

BACA JUGA:Bisa Meningkatkan Kecerdasan! 6 Manfaat Kunir Asam untuk Pria Dari Remaja hingga Lansia yang Wajib Diketahui

BACA JUGA:Cegah Kolesterol! 3 Resep Kunir Asam untuk Menurunkan Kolesterol yang Aman diminum Lansia 50 Tahun ke Atas

Aturan Atau Dosis Mengonsumsi Kunir Asem untuk Diabetes

Bagi kalian para penderita diabetes, kalian bisa nih mencampurkan kunir asem ini sebagai menu sarapan kalian. Kalian bisa mengonsumsi kunir asem ini kurang lebih 1-2 gelas/hari. 

Meskipun kunir asem ini sangat baik dalam menurunkan diabetes, namun kalian tetap harus menjaga aturan pakai atau dosis setiap harinya. Jangan sampai kalian nantinya melebihi dosis yang dianjurkan.

Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan komplikasi yang tentunya  tidak mungkin kalian inginkan, mulai dari sakit kepala, diare, reaksi alergi, batu ginjal, hipoglikemia, hingga kurangnya zat besi.

Selain mengonsumsi kunir asem dengan anjuran di atas, bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit tertentu, termasuk diabetes, kalian dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: