Tanpa Paksaan! Ada 5 Cara untuk Menjadi Komunikator Persuasif Agar Mudah Membujuk Orang Lain

Tanpa Paksaan! Ada 5 Cara untuk Menjadi Komunikator Persuasif Agar Mudah Membujuk Orang Lain

Tanpa Paksaan! Ada 5 Cara untuk Menjadi Komunikator Persuasif Agar Mudah Membujuk Orang Lain--Freepik.com

Menetapkan Tujuan Sebelum Mulai Berbicara

Terlepas siapa pun yang kamu wakili dalam aktivitas memersuasi orang, cara untuk menjadi komunikator persuasif yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menetapkan tujuan. 

Ketika suatu tujuan sudah kamu rancang, maka akan lebih mudah bagimu untuk merancang strategi untuk mencapainya.

Dengan adanya tujuan, kamu bisa berbicara dengan tegas dan percaya diri, serta sudah tahu betul apa poin utama yang seharusnya kamu katakan.

Selalu Pahami Audiens dan Kebutuhan Mereka

Ketika kamu ingin mencapai komunikasi efektif yang persuasif, maka hal yang harus kamu miliki adalah kemampuan memahami audiens. Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran, keinginan, maupun karakteristik audiens akan membuat mereka lebih tertarik pada pesan yang kamu sampaikan pada komunikasi persuasifmu.

BACA JUGA 5 Tips Komunikasi untuk Memberikan First Impression yang Baik, Bangun Kesan Pertama yang Memikat Kenalanmu!

Kuasai Bahasa Tubuh

Dalam tujuanmu untuk membujuk orang lain secara langsung, ada banyak alat yang bisa kamu gunakan untuk membantu memengaruhi audiens. Salah satunya adalah bahasa tubuh.

Ini sama halnya dengan menggunakan bahasa nonverbal saat kamu berkomunikasi verbal, seperti menggunakan nada bicara yang tegas, membuat eye contact, dan lainnya.

Cara untuk menjadi komunikator persuasif juga bergantung pada kemampuanmu dalam menggunakan bahasa tubuh. Orang akan lebih percaya kepadamu ketika kamu menunjukkan kepercayaan diri yang besar pula.

Oleh karenanya, berlatihlah untuk menunjukkan kepercayaan diri dan keyakinan dengan menampilkan postur yan baik dan menatap audiens secara langsung.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi cara menjadi komunikator persuasif yang baik. Jika kamu ingin agar tujuan komunikasimu tercapai sesuai rencana, maka kamu bisa mempraktikkannya.

**AN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: