Tiga Hari Penyortiran, KPU Batang Temukan 5 Ribu Surat Suara DPR RI Rusak

Tiga Hari Penyortiran, KPU Batang Temukan 5 Ribu Surat Suara DPR RI Rusak

Tiga Hari Penyortiran, KPU Batang Temukan 5 Ribu Surat Suara DPR RI Rusak-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN. DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batang menemukan 5 ribu surat suara DPR RI rusak. Kerusakan ini didominasi coretan warna pada salah satu bagian. 

Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Batang Kharis Nurhasim menyampaikan, selama tiga hari para petugas penyortir dan pelipat surat suara DPR RI berhasil menyelesaikan target 633.361 surat suara. Dari hasil pantauan sebanyak 5 ribu surat suara tergolong cacat, karena mengalami sedikit kerusakan.

“Kebanyakan karena ada noda di surat suara, dari yang mulai berukuran kecil bahkan ada yang cukup besar,” katanya, saat memeriksa surat suara, di Gudang KPU Batang, Kabupaten Batang, Selasa 16 Januari 2024. 

Kondisi surat suara cacat itu sudah ada sejak tiba dari percetakan. 

“Hari pertama ada seribu lebih, tapi sekarang diperkirakan ada lebih dari 5 ribu surat suara rusak,” terangnya.

Untuk mengatasinya, KPU akan mengajukan penggantian kepada pihak penyedia. Langkah awal akan menginventarisir disertai berita acara untuk dilaporkan ke KPU RI, sehingga segera mendapat surat suara pengganti. 

“Jeda pelaporan tanggal 19 Januari. Makanya nanti sore langsung kami bawa ke KPU Jateng,” tandasnya.

Hingga beberapa hari ke depan masih berlangsung proses penyortiran dan pelipatan surat suara DPRD Kabupaten Batang untuk seluruh Dapil. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: