Waspadai Hadis Palsu Amalan Bulan Rajab, Jangan Sampai Keliru! Kata Ustadz Adi Hidayat

Waspadai Hadis Palsu Amalan Bulan Rajab, Jangan Sampai Keliru! Kata Ustadz Adi Hidayat

Waspadai Hadis Palsu Amalan Bulan Rajab, Jangan Sampai Keliru! Kata Ustadz Adi Hidayat--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Rajab termasuk salah satu bulan haram selain 3 bulan yang lain yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Pada bulan yang dimuliakan Allah ini umat Islam disarankan untuk meningkatkan amal serta ibadah.

Prinsipnya, amal ibadah yang dilakukan di bulan haram termasuk Rajab akan diganjar pahala lebih banyak. Juga dengan perbuatan maksiat, nilai dosanya berlipat.

Dengan keutamaan bulan haram ini banyak umat Islam yang memperbanyak amal serta ibadah pada bulan Rajab. Tetapi sebagian golongan muslim sering kali melaksanakan amalan di bulan Rajab bersandar pada hadis-hadis palsu.

Hal tersebut di sampaikan Ustadz Adi Hidayat atau yang lebih akrab disapa UAH dalam salah satu ceramahnya. UAH mencatat ada sebagian hadis palsu tentang Rajab yang sering jadi dalil keutamaan mengerjakan sesuatu amalan tertentu.

BACA JUGA:Lakukan 1 Amalan Ini, Bikin Mudah Dapatkan Pekerjaan dan Rezeki Lancar, Kata Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Bisa Bikin Rezeki Berlimpah dan Keluar dari Jerat Kemiskinan, Gus Baha Anjurkan Baca Amalan Ini Secara Rutin

“Contoh, sempat dengar kalimat ini? ‘Siapa yang menunaikan sholat di malam Jumat di bulan Rajab di antara isya hingga fajar. Ia bacakan rakaat awal usai Al-Fatihah setelah itu dibacakan surah A, surah B, maka akan diampuni dosa-dosanya, dibebaskan dari neraka.’ Sempat denger kalimat itu? Ini hadisnya hadis palsu. Bahkan di kitab hadis palsunya tidak ditemui saking palsunya hadis ini,” jelas UAH dilansir dari Akhyar TELEVISI via YouTube Audio Dakwah.

UAH menyebut hadis lain tentang Rajab yang palsu. Kali ini tentang keutamaan mengerjakan puasa di bulan Rajab.

"Sempat denger hadis ini? ‘Di surga itu ada satu pintu, satu sungai, nama sungainya sungai Rajab. Siapa yang dapat puasa satu hari di bulan ini maka ia akan memperoleh kenikmatan dari air minum sungai Rajab," Itu hadisnya hadis palsu. Saking palsunya, di kitab-kitab yang primer juga tidak ditemui ungkap UAH.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan! Gus Baha Jelaskan 7 Amalan Sederhana Ini Bisa Membuat Seorang Terbebas dari Siksa Kubur

BACA JUGA:Gus Baha Berikan Amalan Doa Terbebas dari Hutang Sesuai Ajaran Rasulullah, Yuk Amalkan!

Hadis Palsu Jangan Jadi Referensi

UAH mengaku dirinya telah menggali 7 kitab yang menyampaikan hadis palsu tersebut, salah satunya kitab Fadha'il. al-Auqat karangan Al-Baihaqi.

Dia berkata semua yang dicantumkan dalam kitab-kitab tersebut untuk menginformasikan kalau itu hadisnya maudhu (palsu), minimun dhoif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: