Inilah Cara Membuat Infused Water Sereh, Ampuh bikin Asam Urat Rontok

Inilah Cara Membuat Infused Water Sereh, Ampuh bikin Asam Urat Rontok

Infused water sereh ampuh redakan asam urat.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Selain segar dan aromanya khas, infused water sereh bisa merontokkan asam urat jika diminum secara rutin.

Penderita asam urat yang enggan mengonsumsi obat kimia bisa mencoba minum infused water sereh. Minuman ini bisa diminum secara rutin untuk menurunkan asam urat.

Bahan baku sereh sangat mudah diperoleh. Pedagang sayur keliling hingga di pasar pasti ada sereh. Sebab sereh selama ini dikenal sebagai bumbu masak yang setiap hari dibutuhkan untuk memasak.

Jika tak ingin selalu membeli sereh, kamu bisa menanam tanaman ini di kebun atau halaman rumah. Sangat mudah menanam sereh. Perawatannya tidak ribet dan aman dari serangan hama dan penyakit tanaman.

Baca juga:Inilah 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Obati Gigi Berlubang hingga Meredakan Migrain

Dengan kemudahan memperoleh bahan baku sereh ini alangkah baiknya menjadikannya sebagai infused water untuk menurunkan asam urat. Bisa rutin dikonsumsi dengan aman.

Coba turunkan asam urat dengan rutin mengonsumsi infused water sereh. Tentunya dengan diimbangi membatasi diri mengonsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan, buah durian, nangka, emping, jamur, bayam, brokoli dan kembang kol.

Mengutip dari buku berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz dan Yunita Indah Prasetyaningrum, S.Gz, infused water sereh ternyata bisa meredakan asam urat. 

Manfaat sereh untuk kesehatan diperoleh dari kandungannya, yakni geraniol, sitronelol, citranelal, citral geraniol, eugenol, dan limonene. Dengan kandungan zat-zat itu, sereh efektif dijadikan obat penurun kolesterol, detoksifikasi atau melancarkan pencernaan, dan menurunkan asam urat. 

Baca lagi:Stres dengan Tekanan Pekerjaan, Redakan dengan Ramuan Herbal Teh Daun Salam dengan Sereh

Untuk membuat infused water sereh cukup mudah. Langkah pertama, siapkan bahannya berupa sereh dua batang dan 500 ml air. Cuci sereh sampai bersih lalu masukkan ke dalam air di botol tertutup. 

Letakkan air dan sereh tersebut selama empat sampai lima jam di dalam kulkas. Setelah dingin, kamu bisa minum infused water sereh. 

Mudahkan cara membuatnya? Sangat praktis dan bisa dibuat oleh siapapun juga. Tak banyak makan waktu. Bisa dibuat disela-sela kesibukan pekerjaan kita.

Sereh selama ini sudah dikenal sebagai tanaman herbal. Bukan sekedar sebagai bumbu masak. Manfaat sereh diantaranya untuk mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, mengobati penyakit kulit dan kaya akan antioksidan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: