Inilah 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Obati Gigi Berlubang hingga Meredakan Migrain

Inilah 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Obati Gigi Berlubang hingga Meredakan Migrain

Sereh atau serai kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat sereh untuk kesehatan masih jarang diketahui, padahal begitu luar biasa seperti bisa digunakan untuk obat gigi berlubang hingga migrain

Tanaman sereh atau serai (Cymbopogon citratus) mudah ditanam, termasuk dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah. Harga sereh juga terjangkau dan mudah didapat di pasar atau pedagang sayur keliling.

Dengan kemudahan memperoleh sereh, maka potensi untuk memanfaatkannya sebagai obat tradisional terbuka lebar. Mulai sekarang jangan hanya jadikan sereh hanya untuk bumbu masak, sebab banyak manfaat sereh yang tersembunyi yang sangat sayang untuk dilewatkan bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat sereh ini diperoleh dari kandungan nutrisinya. Dalam satu ons sereh mengandung 30 kal kalori, 1 gram rotein, 0 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 0 gram serat, dan 0 gram gula. Kandungan lainnya adalah zat besi, kalsium, dan vitamin C. 

Baca juga:Stres dengan Tekanan Pekerjaan, Redakan dengan Ramuan Herbal Teh Daun Salam dengan Sereh

Sereh di Indonesia kerap digunakan sebagai bumbu masak. Batang dan daun sereh bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, sereh bisa meredakan stres, menurunkan demam, meredakan nyeri dan bengkak, hingga melancarkan menstruasi. 

Tak hanya itu, sereh ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan kecantikan seperti deodoran, sabun, dan kosmetik. Bahkan sereh pun bisa digunakan untuk mengusir serangga dan menyegarkan ruangan.

Inilah sepuluh manfaat sereh untuk kesehatan yang disadur dari laman Dinas Kesehatan Provinsi Jogyakarta:

Baca lagi:Ampuh Atasi Penyakit! Ini 2 Cara Merebus Daun Salam dan Sereh untuk Kesehatan

1. Mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang 

Journal National Institutes of Health menerbitkan sebuah hasil penelitian tentang sereh. Disebutkan, minyak esensial dari sereh memiliki kemampuan melawan mikroba.

Hasil penelitian menunjukkan adanya kandungan antimikroba dalam sereh untuk melawan Streptococcus mutans. Bakteri inilah yang menyebabkan gigi berlubang. 

Kamu terluka dan takut infeksi, gunakan sereh untuk mengobati luka dan infeksi. Kandungan antimikrobanya bermanfaat untuk mencegah infeksi kulit, infeksi usus, infeksi paru-paru, dan infeksi darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: