Inilah 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Obati Gigi Berlubang hingga Meredakan Migrain

Inilah 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Obati Gigi Berlubang hingga Meredakan Migrain

Sereh atau serai kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Jangan remehkan kolesterol jahat dalam tubuh, karena bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Sereh bisa menjadi obat herbal untuk mengobati kolesterol.

8. Meredakan stres dan kecemasan 

Penelitian tahun 2015, efek minyak sereh dan almond manis untuk pijatan satu minggu sekali, selama 3 minggu. Hasilnya, aromaterapi dari bahan sereh bisa mengurangi stres dan kecemasan. 

Kamu bisa menggunakan aroma terapi dan pijat untuk relaksasi tubuh. Kamu juga bisa membuat minuman hangat dari sereh setiap pagi. Teh sereh bisa membuat rileks dan mengurangi kecemasan. Penelitian lainnya menunjukkan mencium sereh dan minyak atsiri bisa mengurangi stres dan kecemasan.

Baca juga:Ternyata Inilah Manfaat Serai untuk Menurunkan Kolesterol dengan Mudah yang Wajib Kamu Tahu

9. Meredakan sakit kepala dan migrain 

Sereh ternyata bisa meredakan sakit kepala atau migrain. Ini berdasarkan sebuah penelitian di Australia. Dari hasil penelitian, kandungan eugenol dalam sereh fungsinya mirip aspirin. Eugenol berguna untuk mencegah trombosit darah menggumpal. Kandungan ini bisa melepaskan hormon serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

10. Mengurangi kembung 

Melansir dari medicalnewstoday.com, minuman sereh memiliki sifat diuretik. Artinya, sereh bisa merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin. 

Penelitian yang diterbitkan Journal of Renal Nutrition, minuman teh sereh bisa meningkatkan produksi urin lebih banyak dari minuman lain. Diuretik bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi kembung dan mengurangi sindrom pramenstruasi (PMS).

Baca lagi:Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini 6 Manfaat Jeruk Nipis Campur Serai

Meski sereh kaya manfaat untuk kesehatan, namun tetap harus bijaksana mengonsumsinya. Jika dikonsumsi berlebihan, sereh juga memiliki efek samping. Ibu hamil, orang yang menderita diuretik, detak jantung rendah, dan kadar kalium rendah dianjurkan tidak boleh mengkonsumsi minuman dari bahan sereh.

Sereh juga bisa memicu alergi seperti pusing, meningkatkan rasa lapar, mulut kering, meningkatkan buang air kecil, dan mudah lelah. Alergi lainnya dari pemakaian sereh ialah sulit bernapas, detak jantung lebih cepat, ruam, dan gatal di kulit.

Itulah manfaat sereh untuk kesehatan dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: