Bolehkah Beli Rumah dengan sistem KPR Menurut Islam? Ternyata Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Bolehkah Beli Rumah dengan sistem KPR Menurut Islam? Ternyata Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Bolehkah Beli Rumah dengan sistem KPR Menurut Islam-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGWN.DISWAY.ID - Membeli rumah dengan sistem KPR ataupun Kredit Pemilikan Rumah banyak ditawarkan menyasar pada pasangan suami istri, paling utama yang baru menikah serta membangun rumah tangga. Alasannya rumah jadi salah satu kebutuhan pokok serta nilai takar kemandirian pendamping dengan keluarga barunya.

Sistem membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah ataupun disingkat KPR merupakan suatu sarana kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah secara perorangan yang hendak membeli ataupun membetulkan rumah. 

BACA JUGA:Gus Baha Ajarkan Cara Berdoa Seperti Wali, Rezeki Lancar dan Hutang Langsung Lunas!

BACA JUGA:Amalan Istimewa dari Gus Baha, Doa Pendek Tapi Bikin Rezeki Ngalir Deras, Buktikan!

Lalu bolehkah membeli rumah dengan sistem KPR ataupun kredit dalam Islam?

Ikuti penjelasan Ustaz Adi Hidayat tentang hukum membeli rumah dengan KPR dalam Islam berikut ini.

Dikutip dari siaran YouTube channel Adi Hidayat Official dengan judul "Hukum Kredit Rumah dengan Sistem KPR - Ustaz Adi Hidayat. 

Dalam salah satu kajian Ustaz Adi Hidayat, salah satu jamaah bertanya bagaimanakah hukumnya membeli rumah dengan KPR, apakah termasuk dalam riba ataupun tidak.

"Saya membeli rumah secara kredit via bank. Saat itu saya masih belum mengerti dengan transaksi riba serta saat ini cicilan rumah tersebut masih tersisa kurang lebih 6 tahun lagi. Berdosakah apabila saya melanjutkan hingga cicilan berakhir atau saya wajib meninggalkan ataupun menjualnya?," tanya salah satu jamaah.

BACA JUGA:Nabi Pernah Sholat Subuh Kesiangan, Lho Kok Bisa? Begini Kisahnya, Kata Ustadz Adu Hidayat

BACA JUGA:Gunakan Air PDAM Buat Bersuci, Sah atau Tidak? Begini Penjelasan Gus Baha

Menurut Ustaz Adi Hidayat, saat sebelum membicarakan soal dosa serta riba, ada baiknya kita menguasai dulu hal-hal lain menjaga jiwa serta menjaga harta.

"Ustaz Adi Hidayat menerangkan kalau Islam itu agama yang bijak. Butuh ditimbang dahulu kuat mana antara hidfun nafsi dengan hifdun mal. Melindungi jiwa ataupun melindungi harta," ucap Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat mengutarakan jika kamu berhenti membayar KPR ditengah jalan apakah masuk jenis suatu hal yang darurat ataupun tidak dalam rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: