Tebing Setinggi 10 Meter Longsor, Akses Jalan di Sidomulyo Tertutup

Tebing Setinggi 10 Meter Longsor, Akses Jalan di Sidomulyo Tertutup

TEBING LONGSOR: Tebing setinggi 10 meter dengan lebar 6 meter di ruas jalan Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang, longsor, kemarin sore. Hadi Waluyo.

LEBAKBARANG - Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan tebing setinggi 10 meter di Dukuh Makirah, Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, longsor, Minggu (1/3/2020) sore, sekitar pukul 14.30 WIB. Akibatnya, akses jalan kabupaten ke enam desa di wilayah selatan kecamatan itu sempat tertutup material longsor.

Sekcam Lebakbarang Imron, kemarin petang, menyatakan, hujan lebat mengguyur wilayah pegunungan itu sejak siang hari mengakibatkan tebing setinggi 10 meter dengan lebar sekitar 6 meter longsor. Akibatnya, material longsor setinggi 2 meter menutup jalan PU di desa itu.

"Itu ruas jalan dari kantor kecamatan ke wilayah selatan. Ada enam desa di wilayah selatan. Saat ini masih dalam proses penanganan oleh warga," terang dia.

Dikatakan, tebing di tepi jalan utama itu sudah sering longsor saat musim hujan. Oleh karena itu, kata warga setempat perlu dibuat talud atau bronjong penahan agar tebing tidak mudah longsor. "Informasi dari warga tebing ini sudah sering longsor, sehingga perlu dibuat talud atau bronjong penguat," kata dia.

Hingga kemarin petang, warga setempat dibawah guyuran hujan terus berupaya membersihkan material longsor yang menutup akses jalan utama tersebut. Sebagian kecil material longsor sudah mulai bisa dibersihkan, sehingga warga bisa melintasinya meskipun harus melaju pelan dan berhati-hati.

"Untuk membersihkan total material longsor membutuhkan bantuan alat berat," imbuh dia. (had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: