Inilah 10 Makanan Enak dan Tinggi Purin yang Tidak Boleh Dimakan Berlebihan

Inilah 10 Makanan Enak dan Tinggi Purin yang Tidak Boleh Dimakan Berlebihan

Makanan Enak dan Tinggi Purin--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Konsumsi makanan enak dan tinggi purin ini jika dimakan berlebihan akan meningkatkan berbagai macam risiko penyakit.

Oleh karena itu, makanan ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi buat orang tua yang sudah berumur, pasti akan menyebabkan sakit. 

Khususnya penyakit yang sudah banyak dikenal masyarakat, yaiu asam urat. Sebab zat purin pada makanan yang berlebihan akan membentuk kristal pada persendian.

BACA JUGA:Apa itu Kandungan Purin dalam Tubuh? Yuk Simak Penjelasan Selengkapnya Disini

BACA JUGA:6 Daftar Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Lalu apa saja makanan enak dan tinggi purin yang sebaiknya dibatasi agar tak menyebabkan sakit asam urat nyeri pada persendian ?.

1. Tiram

Makanan dari laut ini kandungan purinnya sangat tinggi, karena dalam tiram seberat 100 gram saja mencapai 90 mg purin. Karen itu tdak disarankan makan tiram berlebihan, karena menyebabkan tubuh sakit.

Walupun di dalam tiram mengandung gizi yang baik, seperti selenium, zat besi, zinc dan oyster, namun sebaiknya batasi mulai dari sekarang. Mengingat dalam sehari batas maksimal purin hanya 400 mg.

2. Kerang

Makanan enak dan tinggi purin yang perlu dibatasi selanjutnya adalah kerang. Sebab makanan laut ini mengandung purin sampai 136 mg. 

Walau mengandung vitamin B12 di dalamnya,  tapi jika berlebiha tidak bagus juga buat penderita asam urat. 

3. Daging Bebek

Daging bebek yang terkenal enak itu rupanya mengandung purin tinggi. Bayangkan saja setiap 100 gram daging bebek, mengandung purin sebanyak 138 mg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: