Komisi B Minta Petugas ATCS Aktif Beri Informasi

Komisi B Minta Petugas ATCS Aktif Beri Informasi

KOTA - Komisi B DPRD Kota Pekalongan melakukan sidak ke ruang Area Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan di kawasan Terminal Tipe A Kota Pekalongan. Dalam sidak tersebut, Komisi B melihat langsung sistem dan kinerja para petugas dibalik sistem ATCS yang sudah diterapkan di lebih dari 10 titik di Kota Pekalongan.

Ketua Komisi B, Abdul Rozak mengatakan, sistem ATCS dan seluruh peralatannya memang sudah lengkap. Namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan dimaksimalkan. Terutama dalam pantauan tersebut pihaknya melihat belum ada barometer yang menjadi standar bagi kinerja masing-masing petugas.

"Kami melihat perlatannya sudah ada, petugasnya juga sudah ada. Tapi ada beberapa hal yang masih perlu perbaikan, Yakni dari sisi kinerja para petugas itu barometernya apa. Seharusnya mereka secara rutin melakukan pengawasan kepada pengguna jalan, memberikan peringatan kepada pelanggar marka. Begitupun jika sudah tertib, harus diberikan ucapan terima kasih lewat peralatan yang sudah dipasang di setiap traffic light," tuturnya, kemarin.

Jika semua sudah tertib, petugas juga tetap harus memberikan sosialisasi terkait program untuk mematuhi rambu lalu lintas dan juga memberikan informasi, peringatan terhadap pelanggaran. "Harapan kami masing-masing petugas ini memiliki barometer kinerja sehingga benar-benar adanya ATCS bisa dirasakan masyarakat," kata Rozak.

Untuk itu pihaknya berhadap Dinas Perhubungan agar benar-benar menetapkan standar barometer dengan memberikan tugas kepada masing-masing operator ATCS. Sehingga informasi terkait lalu lintas bisa terus tersampaikan melalui sosialisasi yang diberikan melalui peralatan ATCS.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: