Sering Nervous Waktu Ngomong? Mungkin Ini Penyebab Gugup Saat Berbicara! Ketahui Agar Bisa Kamu Atasi

Sering Nervous Waktu Ngomong? Mungkin Ini Penyebab Gugup Saat Berbicara! Ketahui Agar Bisa Kamu Atasi

Penyebab gugup saat berbicara--freepik.com

Jalan keluar yang bisa kamu ambil adalah dengan mempelajari materi yang harus kamu sampaikan dan berlatihlah untuk menyampaikan materi secara terstruktur sehingga kamu bisa menghindari kesalahan pesan yang kamu sampaikan.

Jika berada di dalam diskusi atau sejenisnya yang memungkinkan dirimu akan ditunjuk secara tiba-tiba untuk bicara, maka pastikan kamu memperhatikan materi diskusi atau bahkan memelajarinya sebelum diskusi dimulai.

Enggan Memandang Audiens

Banyak orang yang berpikir bahwa dengan tidak menatap audiens, kegugupan yang ada di dalam diri mereka bisa berkurang. Akan tetapi, pada kenyataannya itu merupakan pernyataan yang salah.

Sebaliknya, ketika kamu memandang ke arah lain selain audiens, seperti dinding yang ada di depan mata atau bahkan langit-langit, justru menjadi penyebab gugup saat berbicara.

Oleh kareanya, cobalah untuk mengarahkan pandanganmu kepada audiens. Tidak perlu menatap mata mereka secara langsung, tetapi cobalah untuk melihat dahi audiens untuk mengurangi kegugupanmu.

Takut Dikritik

Merupakan hal yang wajar ketika orang tidak nyaman dengan kritikan hingga berada di tahap takut mendapatkan kritikan. Itulah salah satu penyebab gugup saat berbicara.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa tidak ada manusia yang bisa sempurna, termasuk dirimu. Melakukan kesalahan adalah hal yang umum dan orang lain bisa saja mengkritiknya.

Namun, dibandingkan menjadikan kritikan sebagai sesuatu yang bisa menghancurkanmu, maka akan lebih baik jika kamu menciptakan motivasi untuk memperbaiki melalui kritikan tersebut.

BACA JUGA 5 Tanda Orang Senang Berkomunikasi Denganmu, Bukti Skill Komunikasimu Berkembang!

Memiliki Pengalaman Buruk dan Traumatis

Tidak jarang pula penyebab gugup saat berbicara adalah karena adanya pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu terkait dengan kegiatan ini. Karena hal tersebut, bisa jadi orang takut jika hal serupa akan terjadi lagi.

Itulah sebabnya kegugupan menghantui mereka.

Jika kamu sering kali merasa nervous saat berkomunikasi, bisa jadi penyebab gugup saat berbicara itu adalah salah satu dari alasan di atas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: