Pelantikan 20.384 KPPS di Kabupaten Pekalongan, Dibarengi Aksi Penanaman 20.384 Bibit Pohon

Pelantikan 20.384 KPPS di Kabupaten Pekalongan, Dibarengi Aksi Penanaman 20.384 Bibit Pohon

Usai dilantik, petugas KPPS di Kabupaten Pekalongan lakukan aksi penghijauan di sekitar lokasi pelantikan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 20.384 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Pekalongan dilantik, Kamis, 25 Januari 2024. Pelantikan dilakukan secara serentak di 285 titik di Kabupaten Pekalongan.

KPPS sangat penting perannya sebagai penyelenggara pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Lailatul Izzah melalui ketua PPS se-Kabupaten Pekalongan, melantik KPPS sebanyak 20.384 yang akan bertugas di 2.912 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 285 titik. 

KPU Kabupaten Pekalongan juga mengikuti live report pelantikan KPPS se-Indonesia yang diadakan oleh KPU Republik Indonesia melalui zoom meeting.

Pelaksanaan live report pelantikan KPPS se-Indonesia serentak diadakan pada pukul 09.00 WIB, di Desa Kampil Kecamatan Wiradesa, Desa Silirejo Kecamatan Tirto, dan Desa Pegandon Kecamatan Karangdadap. 

Baca juga:Rekrutmen KPPS Banyak Peminat, KPU Batang Sayangkan Banyak Pendaftar yang Tidak Memenuhi Syarat

Pelaksanaan pelantikan KPPS di Kabupaten Pekalongan dilaksanakan dalam waktu yang bervariasi. Yakni di pagi hari pada pukul 09.00 WIB, di siang hari pukul 14.00 WIB, dan malam hari pukul 19.30 WIB.

"Pelantikan pada hari ini juga dilanjutkan dengan penanaman 20.384 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan," kata Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Lailatul Izzah. 

Menurutnya, KPU menyadari dengan tercetak banyaknya logistik pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. 

KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini sebagai simbol rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, rasa terima kasih kepada bumi, dan ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk pemenuhan logistik berupa kertas dalam Pemilu 2024.

Baca lagi:Rekruitmen KPPS Pemilu 2024 di Kabupaten Pekalongan Hadapi Kendala

"Pada Pemilu 2024, KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara," tandas dia. 

Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua anggota KPPS. Bimbingan teknis kepada KPPS akan dilaksanakan di 53 titik se-Kabupaten Pekalongan selama tiga hari dari tanggal 26 sampai 28 Januari 2024. 

Setiap sesi bimtek diikuti oleh maksimal 300 KPPS di setiap titik dengan waktu minimal 7 jam sehari. Materi yang disampaikan dalam bimtek KPPS adalah tugas dan kode etik KPPS, pemungutan suara, dan penghitungan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: