5 Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan, Bisa Jadi Hubungan Toksik Jika Komunikasi Tidak Berjalan Baik!

5 Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan, Bisa Jadi Hubungan Toksik Jika Komunikasi Tidak Berjalan Baik!

Pentingnya komunikasi dalam hubungan--freepik.com

Kurangnya pengetahuan terhadap orang lain berpotensi besar menciptakan konflik karena adanya ketidaksesuaian perlakuan dengan karakteristik pasangan.

Menciptakan Perasaan Saling Menghormati

Bagaimanapun, meski orang terlibat dalam hubungan dengan orang lain, mereka sama-sama merupakan individu yang merdeka dan harus dihargai keberadaannya.

Orang tidak bisa semena-mena melewati batasan yang ditetapkan oleh orang lain dengan dalih bahwa mereka adalah pasangan.

Dalam hal ini, pentingnya komunikasi dalam hubungan tidak bisa dikesampingkan. Komunikasi membantu orang untuk mengomunikasikan batasan yang mereka miliki dan harus dihormati oleh orang lain yang terlibat dalam hubungan bersamanya.

Mencegah Munculnya Prasangka

Tanpa adanya komunikasi yang jelas, orang cenderung akan menerka-menerka terkait sesuatu yang berhubungan dengan pasangannya. Terkaan atau prasangka ini kemudian bisa berkembang hingga menciptakan konflik yang tidak sepele.

Seseorang hanya mengandalkan asumsinya sendiri dalam memandang orang lain dan bahkan mengambil tindakan terkait orang tersebut. Padahal, asumsi tersebut sangat berpotensi besar untuk keliru.

Sedangkan dengan adanya komunikasi yang sehat, prasangka bisa dibuktikan kebenarannya. Orang bisa menanyakan secara langsung apa yang mengganggu pikirannya, sehingga prasangka bisa dicegah sebelum menciptakan masalah yang terlalu jauh.

BACA JUGA 5 Tips Membaca Bahasa Tubuh Saat Berkomunikasi, Cara Memahami Orang Lain Secara Mendalam!

Menciptakan Kepercayaan

Pentingnya komunikasi dalam hubungan juga terkait dengan terciptanya kepercayaan di antara orang-orang yang terlibat dalam hubungan tersebut.

Kepercayaan bukanlah sesuatu yang bisa dibangun dengan instan. Oleh karenanya, jika kamu berkomitmen untuk membangun kepercayaan dengan pasanganmu, penting bagimu untuk menjaga komunikasi yang sehat dan terbuka sepanjang hubungan tersebut berjalan.

Jangan sekali-kali menutup-nutupi kebenaran. Sebab, kepercayaan seperti kaca yang tidak akan bisa disusun lagi secara utuh jika dipecahkan, atau sebagaimana kertas yang tidak akan seratus persen rapi setelah diremas.

Itulah beberapa poin tentang pentingnya komunikasi dalam hubungan yang harus kamu pahami dengan mendalam. Dengan begitu, kamu akan lebih menghargai eksistensi komunikasi yang sehat dalam hubunganmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: