Jangan Asal Makan! Inilah 7 Sayuran yang Tidak Boleh Sering Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Jangan Asal Makan! Inilah 7 Sayuran yang Tidak Boleh Sering Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Sayuran yang Tidak Boleh Sering Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes--Youtube.com/Sehat Secara Alami

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jangan asal makan, berikut ini sayuran yang tidak boleh sering dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Penderita diabetes yang mencoba mengontrol kadar gula darahnya perlu makan lebih banyak sayuran.

Sayuran biasanya kaya akan serat dan nutrisi yang membantu tubuh menjaga kesehatan kadar glukosa darah. 

Makanan ini seringkali kurang berpengaruh pada peningkatan kadar gula darah setelah dikonsumsi, dibandingkan dengan makanan bertepung seperti nasi dan pasta. 

Sayangnya, beberapa sayuran masuk dalam "Daftar Merah", yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes dan pradiabetes. 

Biasanya, sayuran yang ditanam di atas tanah mengandung sedikit karbohidrat. Sebaliknya, sayuran yang tumbuh di bawah permukaan tanah mengandung karbohidrat dalam jumlah yang relatif tinggi. 

Jenis sayuran bertepung juga memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak bertepung, sehingga setelah dikonsumsi akan meningkatkan kadar gula darah lebih cepat. 

Oleh karena itu, jenis makanan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering atau dikombinasikan dengan makanan yang sudah banyak mengandung karbohidrat, seperti nasi. 

BACA JUGA:Mampu Cegah Diabetes! Ini Manfaat Makan Buah Rambutan bagi Kesehatan, Yuk Cek 3 Faktanya

BACA JUGA:Begini Cara Senam Diabetes, Cara dan Tips Aman Penderita Diabetes dalam Membakar Kalori

Berikut beberapa sayuran yang dibatasi untuk penderita diabetes: 

1. Kentang 

Kentang merupakan salah satu sayuran bertepung yang harus dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes karena mengandung banyak karbohidrat dibandingkan dengan kebanyakan sayuran lainnya. 

Belum lagi masyarakat Indonesia sering menggunakan makanan tersebut sebagai lauk pauk, yang dikonsumsi bersama nasi atau sumber karbohidrat lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: