Tips Memberikan Saran Tanpa Menyinggung, Lakukan 5 Cara Ini Agar Masukan Tidak Merusak Hubungan!

Tips Memberikan Saran Tanpa Menyinggung, Lakukan 5 Cara Ini Agar Masukan Tidak Merusak Hubungan!

Memberikan saran tanpa menyinggung--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Dalam kehidupan sosial, kamu harus tetap memastikan jika memberikan saran tanpa menyinggung lawan bicaramu, meski merekalah yang datang untuk meminta pendapatmu.

Disadari atau tidak, orang selalu membutuhkan saran agar bisa hidup dengan lebih baik. Akan tetapi, tidak jarang saran dipahami sebagai kritik atau bahkan kalimat yang bermaksud untuk menjatuhkan.

Sering kali, hal tersebut terjadi karena saran tidak disampaikan dengan benar dan cenderung menghakimi dibandingkan menunjukkan sikap peduli kepada orang lain agar bisa menjadi seseorang yang lebih baik.

Maka, kunci penting dalam hal ini adalah dengan memikirkan bagaimana cara agar bisa memberikan saran tanpa menyinggung.

Artikel ini akan menyajikanmu beberapa cara memberikan saran tanpa menyinggung, terlebih kepada orang terdekatmu agar hubunganmu dengannya tidak rusak.

Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA 5 Bentuk Komunikasi yang Manipulatif, Jangan Mau Dibodohi dan Dimanfaatkan Oleh Orang Lain!

Menyampaikan Saran Secara Privat

Saran bisa jadi melukai diri seseorang dibandingkan memotivasinya untuk menjadi lebih baik. Ini terjadi salah satunya ketika saran disampaikan di ruang publik di mana siapa pun bisa mendengarnya.

Jika kamu ingin memberikan saran tanpa menyinggung, maka pastikan hal tersebut kamu lakukan di ruang privat di mana hanya ada kamu dan temanmu. Ini sangat penting untuk kamu lakukan terlebih jika temanmu merupakan pribadi yang mudah tersulut amarahnya.

Menyampaikan saran di ruang tertutup akan meminimalisir perasaan malu dan tidak nyaman dibandingkan jika kamu menyampaikannya di depan banyak orang secara transparan.

Jangan Merasa Lebih Baik

Kamu bisa berpendapat, tetapi kamu tidak bisa menilai kehidupan orang lain untuk menghakiminya. Orang tidak akan suka jika kamu melakukan hal tersebut, sebab itu terkesan bahwa kamu menganggap dirimu lebih baik daripada mereka.

Oleh karenanya, dalam memberikan saran tanpa menyinggung, pastikan kamu menempatkan dirimu sejajar dengan mereka. Hal tersebut akan membuat saran yang kamu berikan lebih mudah untuk diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: