Inilah 4 Jenis Ikan yang Aman untuk Penderita Asam Urat, Aman Dikonsumsi Kapan Saja Tanpa Khawatir Naik

Inilah 4 Jenis Ikan yang Aman untuk Penderita Asam Urat, Aman Dikonsumsi Kapan Saja Tanpa Khawatir Naik

Ikan yang Aman untuk Penderita Asam Urat--Youtube.com/Sahabat Kesehatan

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Banyak jenis ikan mengandung purin, sehingga dapat memicu kambuhnya asam urat. Itu sebabnya dianjurkan untuk makan ikan yang aman untuk penderita asam urat. 

Namun nyatanya, ikan merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ternyata masih ada jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Jika kamu menderita asam urat, salah satu pantangan yang harus kamu hindari adalah makan makanan laut.

Tak heran jika banyak jenis ikan yang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. 

Padahal, ikan sendiri merupakan produk yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Ikan mengandung lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung, dan juga merupakan sumber protein hewani yang baik sebagai pengganti daging. 

Memang ada beberapa jenis ikan dengan kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga konsumsinya yang berlebihan berbahaya bagi tubuh.

Ikan teri, herring, dan sarden adalah beberapa di antaranya. Makan ikan dalam jumlah banyak untuk penderita asam urat akan meningkatkan nyeri sendi. 

Meski demikian, ternyata masih ada jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Apakah itu? Berikut daftarnya

BACA JUGA:5 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat Bisa Menimbulkan Rasa Sakit, Ini Dia Daftarnya

BACA JUGA:Ini Dia Daftar 3 Jenis Buah-buahan yang Tidak Boleh Dimakan oleh Penderita Asam Urat, Wajib Dikurangi

1. Ikan Patin

Ikan ini sangat mudah ditemukan, harganya sangat terjangkau. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat karena memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibandingkan ikan lainnya.

Tidak hanya itu, ikan lele juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik dalam makanan laut.

Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga kesehatan tulang selalu terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: