KPU Kabupaten Pekalongan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Petugas KPPS Dilibatkan

KPU Kabupaten Pekalongan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Petugas KPPS Dilibatkan

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - KPU Kabupaten Pekalongan kembali menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk yang kedua dan terakhir kalinya sebelum Pemilu 2024.

Simulasi kali ini diselenggarakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001, Desa Paninggaran, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.

Berbeda dengan simulasi pertama, kali ini diikuti pula oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Iya, karena teman-teman KPPS sekarang sudah ada (sudah dilantik). Jadi kami minta ikut," kata Ketua KPU kabupaten Pekalongan Laelatul Izah.

Selain itu, dalam penghitungan surat suara dalam simulasi ini sudah mempraktikkan penggunan aplikasi Sirekap.

Izzah mengungkapkan, simulasi berlangsung lancar dan aman dengan cuaca yang mendukung. Para pemilih datang ke TPS dengan antusias, sejak pukul 07.00 sudah ramai.

"Daftar Pemilih tetap (DPT) di TPS ini ada 272 orang atau pemilih, yang tercatat hadir dalam simulasi 155 orang," ujarnya.

Izzah menambahkan, tujuan diselenggarakannya kembali simulasi ini untuk memantapkan kesiapan petugas ad-hoc (PPK, PPS, hingga KPPS) dalam bertugas pada 14 Februari 2024 nanti.

"Kami harap teman-teman ad-hoc bisa langsung mendapat gambaran apa saja yang harus dilakukan di TPS nanti sesuai tugas masing-masing. Ada tujuh orang yang bertugas di tiap TPS ditambah dua orang Linmas. Mereka hari H nanti harus bekerja dengan baik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: