Hasil Pemetaan Bawaslu, Kabupaten Pekalongan Masuk Kategori Sedang Rawan Gesekan

Hasil Pemetaan Bawaslu, Kabupaten Pekalongan Masuk Kategori Sedang Rawan Gesekan

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pelaksanaan Pemilu 2024 tinggal hitungan hari, untuk itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan terus melakukan pemetaan terhadap kerawanan gesekan. Adapun dari hasil pemetaan tersebut, untuk sementara ini karawanan gesekan pemilu di Kabupaten Pekalongan masuk kategori sedang. 

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, M Tohir di sela sela kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Penghitungan Suara dengan peserta Pemilu, dan stakeholder di Hotel Howard Jhonson.

Untuk itu, guna mengantisipasi adanya gesekan yang lebih besar selama Pemilu, dia mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder terus menjalin hubungan yang bagus. 

''Mari kita ciptakan suasana kondusif sebelum maupun setelah Pemilu,'' katanya.

Selanjutnya dikatakan, yang dikhawatirkan saat Hari H Pemilu yakni kerawanan musibah bencana alam. Saat musim hujan seperti sekarang, beberapa daerah agak rawan terkena musibah seperti, Untuk di daerah atas, rawan terhadap tanah longsor dan daerah di sekitar pantai terkena banjir maupun rob.

Terkait kegiatan rapat koordinasi, Tohir menjelaskan sebagai salah satu bentuk menyamakan persepsi dengan semua peserta Pemilu dan menggali pengetahuan mengenai penghtiungan suara. Dengan demikian, pelaksanaan Pemilu akan berjalan dengan baik.

Disinggung soal pelanggaran Pemilu 2024, dia menegaskan memang ada beberapa temuan. Namun demikian, temuan pelanggaran ini tidak begitu besar dan bisa diselesaikan di tingkat bawah.

''Beberapa temuan ini seperti pelanggaran pemasangan APK dan lainnya sehingga setelah ditangani langsung bisa terselesaikan,'' katanya.

Untuk pelanggaran pemilu dengan katagori berat, menurut Tohir hingga sekarang Bawaslu Kabupaten Pekalongan belum ada temuan. Harapannya jangan sampai ada temuan supaya pelaksanaan pesta rakyat di Kota Santri selalu jujur dan adil serta tercipta suasana kondusif.

Sementara dalam rapat koordinasi diikuti oleh perwakilan partai politik, awak media dengan narasumber sari Disdukcapil, Kesbangpol dan KPU Kabupaten Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: